Sabtu 25 Mar 2023 13:13 WIB

10 Makanan yang Bantu Tubuh Tetap Berenergi Saat Puasa

Sebagian orang yang berpuasa terkadang kurang bersemangat pada siang hari.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Kurma (ilustrasi). Kurma menjadi salah satu makanan yang dapat membantu tubuh berenergi selama Ramadhan.
Foto: Republika.co.id
Kurma (ilustrasi). Kurma menjadi salah satu makanan yang dapat membantu tubuh berenergi selama Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama bulan Ramadhan, umat Islam menahan diri dari makan dan minum sebelum waktu Maghrib. Sebagian orang yang berpuasa terkadang harus berjuang dengan kelelahan dan kurang bersemangat pada siang hari.

Agar tidak merasa lesu, penting untuk mengonsumsi makanan padat nutrisi yang memberikan energi berkelanjutan dan mencegah dehidrasi. Berikut 10 makanan yang dapat membantu tubuh tetap berenergi selama Ramadhan, seperti dikutip dari laman Al Arabiya, Jumat (24/3/2023):

Baca Juga

1. Kurma

Kurma identik sebagai makanan yang biasa dikonsumsi untuk berbuka puasa. Kurma merupakan sumber energi, serat, dan mineral penting seperti potasium, magnesium, dan zat besi yang sangat baik. Buah ini juga mengandung gula sederhana yang memberikan energi cepat ke tubuh.

 

2. Biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh seperti beras merah, quinoa, dan oat mengandung karbohidrat kompleks yang tinggi sehingga dapat memberikan energi berkelanjutan sepanjang hari. Biji-bijian juga mengandung serat, yang memperlambat pencernaan, membuat orang merasa kenyang lebih lama.

3. Lentil

Lentil merupakan sumber protein dan karbohidrat kompleks yang baik, yang memberikan energi berkelanjutan. Lentil kaya akan zat besi, yang penting untuk menjaga kadar darah sehat.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti almond, kenari, dan pistachio tinggi protein, lemak sehat, dan serat, menjadikannya camilan yang ideal untuk energi berkelanjutan. Kacang juga mengandung vitamin dan mineral penting seperti magnesium, yang membantu mengatur kadar gula darah.

5. Yogurt

Yogurt merupakan sumber protein dan kalsium baik, yang penting untuk menjaga kekuatan tulang. Ini juga mengandung probiotik, yang dapat membantu meningkatkan kesehatan usus dan meningkatkan kekebalan tubuh.

6. Bayam

Sayuran seperti bayam dan brokoli kaya akan karbohidrat kompleks, serat, serta vitamin dan mineral penting. Hal itu menjadikannya makanan ideal untuk memberikan energi berkelanjutan.

7. Ayam dan ikan

Protein tanpa lemak seperti ayam, ikan, dan tahu kaya akan asam amino. Asupan itu penting untuk menjaga massa otot dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh yang sehat. Ayam dan ikan juga menyediakan energi berkelanjutan sepanjang hari.

8. Pisang dan buah-buahan lainnya

Buah-buahan seperti pisang, jeruk, dan apel kaya akan gula dan serat alami, menjadikannya makanan ideal untuk memberikan energi cepat. Buah itu juga mengandung vitamin dan mineral penting yang dapat membantu meningkatkan kekebalan dan mencegah dehidrasi.

9. Telur

Telur adalah sumber protein dan vitamin D yang sangat baik. Anda bisa menikmatinya dengan cara digoreng, direbus, atau dijadikan telur dadar dengan banyak sayuran untuk memastikan tetap berenergi dan kenyang lebih lama.

10. Ubi jalar

Ubi jalar kaya akan potasium, Vitamin A, C, dan B6. Baik direbus, dipanggang, atau digoreng, ubi jalar bisa menjadi sumber karbohidrat sehat yang sangat baik.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement