Sabtu 25 Mar 2023 04:55 WIB

Jenis-Jenis Kurma, Harga, dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Kurma tak hanya lezat tapi juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Jenis-jenis kurma (ilustrasi). Kurma terdiri atas beragam jenis. Masing-masing jenis memiliki keunikan cita rasa.
Foto: Pxhere
Jenis-jenis kurma (ilustrasi). Kurma terdiri atas beragam jenis. Masing-masing jenis memiliki keunikan cita rasa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kurma menjadi salah satu kudapan favorit untuk buka puasa pada bulan Ramadhan. Kurma tidak hanya lezat tapi juga kaya akan nutrisi dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Kurma kaya akan nutrisi termasuk serat, kalium, magnesium, dan antioksidan. Kurma juga rendah lemak dan natrium sehingga menjadikannya pilihan camilan yang sehat. Kurma tersedia dalam berbagai jenis, masing-masing dengan rasa dan tekstur yang unik.

Baca Juga

Seperti dilansir laman Sportskeeda, Jumat (24/3/2023), berikut jenis-jenis kurma yang perlu Anda ketahui:

1. Kurma medjool

 

Kurma medjool adalah jenis yang paling umum dan dianggap sebagai raja kurma. Kurma ini berukuran besar, lembut dan memiliki rasa seperti karamel. Medjool kaya akan serat, kalium, magnesium dan antioksidan. Kurma ini juga rendah lemak dan natrium, menjadikannya pilihan camilan yang sehat.

Kurma medjool serbaguna dan dapat dikonsumsi sendiri sebagai camilan atau digunakan dalam memasak dan membuat kue. Kurma ini dapat diisi dengan kacang atau keju, dicincang dan ditambahkan ke dalam salad atau smoothie atau digunakan untuk membuat pasta kurma untuk dipanggang. Kurma jenis ini umumnya dibanderol mulai dari Rp 160 ribu per kilogramnya.

2. Kurma deglet noor

Dikenal juga dengan sebutan "kurma cahaya", kurma ini lebih kecil dan lebih kering. Kurma ini memiliki rasa yang manis, dan tekstur yang keras. Kurma deglet noor merupakan sumber serat, kalium dan magnesium yang baik. Kurma ini juga rendah lemak dan natrium, menjadikannya pilihan camilan yang sehat.

Kurma ini biasanya digunakan untuk memasak dan membuat kue. Kurma ini sangat cocok untuk membuat bola energi, granola bar dan sirup kurma. Kurma ini juga dapat dipotong dan ditambahkan ke dalam salad atau digunakan sebagai pemanis dalam smoothie. Deglet noor umumnya dibanderol mulai dari harga Rp 75 ribu per kilogram.

3. Kurma sukari

Sukari merupakan salah satu jenis kurma basah. Sementara kurma kering merupakan yang tekstur luarnya kering, dan bisa disimpan di suhu ruangan. Jenis kurma ini memiliki cita rasa yang manis dan berdaging lembut seperti karamel. Untuk harganya kurma sukari umumnya dibanderol mulai dari Rp 50 ribu per kilogram.

4. Kurma ajwa

Kurma jenis ini adalah salah satu jenis kurma yang terkenal, yang ditanam secara eksklusif di Madinah, Arab Saudi. Mulai dari warna coklat tua hingga hampir hitam, kurma ini sangat lembut dan beraroma buah dengan rasa seperti buah prune dan cenderung kering.

Kurma ajwa juga memiliki banyak nutrisi termasuk vitamin B yang berperan penting dalam menghilangkan kadar homosistein yang berbahaya dalam darah, lalu magnesium yang ditemukan dalam kurma ini membantu menjaga ritme jantung, dan lainnya. Kurma Ajwa biasanya dibanderol mulai dari harga Rp 160 ribu per kilogram.

5. Kurma khudri

Kurma Khudri memiliki tekstur yang lembut dan kenyal dan memiliki rasa seperti karamel. Kurma ini merupakan sumber serat, kalium, dan magnesium yang baik. Kurma Khudri juga rendah lemak dan natrium, menjadikannya pilihan camilan yang sehat.

Kurma ini paling baik dikonsumsi segar atau digunakan untuk memasak dan membuat kue. Kurma ini dapat digunakan untuk membuat pasta kurma, diisi dengan kacang atau keju atau dicincang dan ditambahkan ke dalam salad atau smoothie. Kurma khudri umumnya dijual dengan harga mulai dari Rp 250 ribu per kilogram.

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement