Kamis 23 Mar 2023 21:30 WIB

Jangan Sampai Tertipu Foto Makanan di Aplikasi Pesan-Antar, Ini Tips Jadi Konsumen Cerdas

Tak sedikit konsumen yang tertipu foto makanan di aplikasi pesan-antar.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Rice bowl (Ilustrasi). Sebagian konsumen merasa kecewa dengan foto rice bowl yang tidak sesuai dengan porsi aslinya.
Foto: Republika/MGROL121
Rice bowl (Ilustrasi). Sebagian konsumen merasa kecewa dengan foto rice bowl yang tidak sesuai dengan porsi aslinya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tak sedikit orang pernah tertipu iklan makanan dan minuman. Dalam gambar atau foto iklan pada aplikasi pesan antar, makanan dan minuman yang dijual tampak begitu menggoda. Isiannya penuh dengan berbagai macam topping, misalnya.

Namun, pada kenyataannya, saat makanan atau minuman tersebut disajikan, ternyata jauh berbeda. Isiannya sedikit, penampilan tidak menarik, bahkan tidak lengkap.

Baca Juga

Lalu bagaimana sih agar kita bisa menjadi konsumen cerdas dan tidak tertipu iklan makanan dan minuman? Chef yang juga wirausahawan Eki Kramadibrata mengatakan penipuan iklan makanan dan minuman memang marak terjadi.

Oleh karena itu, menurut chef Eki, masyarakat harus menjadi konsumen cerdas. Menurutnya, dari sisi konsumen, tentunya bisa lihat review produk.

"Bila membeli secara online, pastinya ada ulasan produk juga," ujarnya kepada Republika.co.id, Kamis (23/3/2023).

Chef Eki menyarankan untuk membaca satu per satu ulasan produk yang dijual. Jika merasa ragu, mungkin bisa beralih ke produk lainnya.

Sementara itu, chef Eki mengatakan apabila membeli secara offline tanyakan dengan detail tentang produknya. Ketika Anda pesan mi seafood, tanyakan isinya.

"Apakah lengkap sesuai gambar. Konsumen punya hak untuk bertanya isi makanannya," ujar chef Eki.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement