Selasa 21 Mar 2023 15:36 WIB

Gigi Berlubang tak Selalu Ditandai dengan Rasa Nyeri, Dokter Ingatkan Pemeriksaan Berkala

Gigi terasa nyeri, minum obat dulu untuk pertolongan pertama sebelum ke dokter gigi.

Pemeriksaan gigi (Ilustrasi). Lubang kecil yang ada di gigi memang tidak menimbulkan gejala sehingga banyak orang tidak menyadarinya.
Foto:

Apabila sudah telanjur nyeri, drg Ary menyarankan untuk mengonsumsi obat pereda nyeri terlebih dahulu sebagai pertolongan pertama sebelum ke dokter gigi. Selain itu, penderita juga dianjurkan untuk mengompres dengan air dingin atau berkumur dengan air garam yang hangat.

Drg Inge menyebut lubang gigi yang masih kecil dan tidak terlalu dalam bisa dilakukan penambalan secara permanen dalam waktu yang relatif singkat. Sebaliknya, lubang yang sudah parah perlu membutuhkan pengobatan dan perawatan yang tidak bisa diselesaikan hanya dalam satu kali kunjungan.

"Kalau sudah perlu perawatan saraf itu perlu datang beberapa kali, nggak bisa langsung sekali kemudian langsung ditambal permanen," ujar dia.

Pentingnya pemeriksaan atau skrining, yakni agar lubang gigi tidak sampai dalam. Jika lubangnya kecil, dokter gigi bisa langsung menambalnya secara permanen."Prosesnya nggak lama, paling sampai 30 menit juga sudah selesai kalau lubangnya belum besar," tutur drg Inge.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement