Jumat 10 Mar 2023 04:00 WIB

Bisa Merusak, Hindari Makanan Ini Sebelum Sikat Gigi

Dalam jangka panjang, makanan tertentu dapat merusak struktur gigi.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Menyikat gigi (ilustrasi). Kerusakan yang sudah terjadi pada email gigi tak bisa diperbaiki.
Foto: www.maxpixel.com
Menyikat gigi (ilustrasi). Kerusakan yang sudah terjadi pada email gigi tak bisa diperbaiki.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beberapa ahli merekomendasikan orang-orang untuk tidak mengonsumsi beberapa jenis makanan, sesaat sebelum sikat gigi. Alasannya, makanan-makanan ini bersifat asam dan dapat merusak struktur gigi dalam jangka panjang.

Jenis makanan yang perlu dihindari sesaat sebelum menyikat gigi adalah makanan atay minuman yang bersifat asam. Makanan dan minuman ini bisa berupa apa saja, mulai dari buah, soda, jus, atau permen asam.

Baca Juga

Bila tetap ingin mengonsumsi makanan atau minuman asam, maka rencana menyikat gigi perlu ditunda sekitar 30 menit. Hal ini perlu diperhatikan karena asam di dalam mulut bisa melemahkan email gigi, yang merupakan lapisan terluar gigi. Bila dalam kondisi ini gigi mendapatkan gesekan dari sikat gigi, gigi akan menjadi lebih rentan terhadap masalah karies gigi atau gigi busuk.

Masalah gigi seperti ini sebenarnya bisa dengan mudah ditangani di dokter gigi. Masalahnya, orang-orang sering kali membiarkan kondisi gigi yang keropos atau busuk, sehingga memudahkan infeksi untuk masuk lebih dalam ke tubuh.

 

"Menunggu 30 menit sebelum menyikat gigi (setelah menyantap makanan atau minuman asam) memungkinkan email gigi untuk melakukan remineralisasi dan membangun dirinya kembali," jelas tim peneliti dari Columbia University, seperti dilansir Express, Kamis (9/3/2023).

Selain menunda rencana sikat gigi selama 30 menit, tim peneliti juga merekomendasikan orang-orang untuk minum air putih setelah mengonsumsi makanan atau minuman yang asam. Trik ini bisa membantu menunjang proses remineralisasi di email gigi.

Selain itu, email gigi yang rusak juga bisa mempengaruhi tampilan senyuman. Alasannya, email gigi yang rusak membuat gigi rentan berubah warna menjadi abu-abu atau kuning.

Tak jarang, kondisi email yang rusak juga dapat mengubah bentuk gigi menjadi lebih kasar dan tidak rata. Kondisi email gigi yang kurang baik pun dapat membuat jarak antargigi menjadi lebih lebar.

Kerusakan yang sudah terjadi pada email gigi tak bisa diperbaiki. Namun, bila baru melemah, kondisi email gigi masih bisa diperbaiki dengan menyikat gigi dan berkumur menggunakan mouthwash untuk mempercepat proses remineralisasi pada email gigi.

Untuk mencegah degradasi email gigi, National Health Service atau NHS merekomendasikan orang-orang untuk tidak langsung berkumur setelah menyikat gigi. Alasannya, tindakan tersebut bisa menghapus fluoride yang terkonsebtrasi pada sisa-sisa pasta gigi yang tersisa di gigi.

"Berkumur akan melarutkan dan mengurangi efek preventifnya," ujar NHS.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement