Selasa 21 Mar 2023 02:05 WIB

Waktu Terbaik Menimbang Berat Badan Agar Hasilnya Akurat

Anda bisa menghindari menimbang berat badan jika hal itu justru berdampak negatif.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti
Menimbang berat badan (ilustrasi). Ada waktu terbaik menimbang berat badan agar hasilnya akurat.
Foto: www.freepik.com
Menimbang berat badan (ilustrasi). Ada waktu terbaik menimbang berat badan agar hasilnya akurat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timbangan berat badan bisa menjadi alat berharga untuk mengetahui kemajuan target kesehatan Anda secara keseluruhan. Namun, perlu diingat bahwa angka yang disajikan oleh timbangan bukanlah akhir segalanya.

Menurut American Physiological Society, berat badan Anda pada pagi hari akan terlihat berbeda dari berat badan Anda pada akhir malam. Itu karena Anda makan lebih sedikit pada malam hari dan kehilangan air melalui keringat dan pernapasan. Mengingat hal tersebut, ada waktu tertentu dalam sehari di mana Anda cenderung melihat hasil yang paling akurat saat menginjak timbangan.

Baca Juga

Dilansir laman CNET, Senin (20/3/2023), waktu terbaik mendapat pembacaan yang paling akurat dari timbangan jika Anda menimbang berat badan pada pagi hari setelah pergi ke kamar kecil dan sebelum sarapan atau teguk air pertama. Menurut para ahli, pagi hari adalah waktu terbaik karena Anda telah memberi tubuh kesempatan untuk mencerna dengan baik semua yang Anda makan dan minum sehari sebelumnya. Ini  membuat perut Anda relatif kosong.

Selain menimbang pada waktu yang ideal, ada lebih banyak cara untuk memastikan Anda secara teratur mendapatkan pembacaan yang akurat dari timbangan. Cara pertama, timbang diri Anda sepekan sekali pada waktu yang sama.

 

Kedua, pertahankan timbangan Anda pada permukaan yang rata dan padat. Ketiga, berdirilah tanpa alas kaki di timbanga. Jaga agar berat badan Anda terdistribusi secara merata di antara kedua kaki.

Keempat, kenakan sedikit atau tanpa pakaian saat menimbang badan. Apa pun yang Anda putuskan, tetap konsisten setiap kali menimbang untuk akurasi yang lebih baik.

Sebaliknya, Anda juga bisa menghindari menimbang berat badan jika menurut Anda hal itu berdampak negatif pada hidup Anda. Jangan ragu untuk tidak menimbang jika Anda mengalami pikiran negatif seperti kecemasan atau kesedihan yang teratur setelah menimbang, dan gangguan makan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement