Selasa 14 Mar 2023 20:05 WIB

Buah dan Sayur Warna Ungu, Merah, dan Biru Bisa Kurangi Risiko Diabetes

Sayur dan buah berwarna ungu, merah, dan biru mengandung antosianin.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Ubi ungu kaya akan antosianin terasilasi. Antosianin menawarkan sifat probiotik dan mengurangi risiko diabetes secara lebih efisien dibandingkan dengan antosianin yang tidak terasilasi.
Foto:

Selain itu, antosianin terasilasi terbukti menjadi antioksidan yang lebih efektif, membantu menjaga homeostasis mikrobiota usus, menekan jalur pro-inflamasi, dan memodulasi metabolisme glukosa dan lipid. Chen menjelaskan bahwa sayuran ungu mengandung paling banyak antosianin terasilasi secara umum.

Kentang ungu secara khusus menjadi makanan dengan kadar tinggi kandungan tersebut. Penelitian lain yang diterbitkan dalam jurnal Current Developments in Nutrition menemukan bahwa jus delima mampu menurunkan kadar gula darah dalam hitungan menit.

Para peserta dengan kadar insulin rendah mengalami penurunan glukosa darah yang signifikan hanya dalam waktu 15 menit setelah menikmati jus delima. Para peneliti menyimpulkan bahwa komponen dalam jus delima kemungkinan besar mengatur metabolisme glukosa seseorang.

Salah satu kandungan yang sangat ampuh adalah antosianin. Alasannya, pigmen yang memberikan warna pekat pada jus ini dapat mengikat gula dan mencegah efek besar pada kadar insulin pada tubuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement