Selasa 14 Mar 2023 02:00 WIB

Gejala Awal Kadar Kolesterol Tinggi Bisa Menyerang di Malam Hari

Kolesterol tinggi biasanya tak menunjukkan gejala awal.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Tidur malam (Ilustrasi). Mengalami sensasi tertentu di malam hari bisa menjadi tanda awal bahwa kolesterol menumpuk di arteri.
Foto:

Anda mengalami nyeri kaki di malam hari yang sangat mengganggu tidur? Sebaiknya, segera berkonsultasi dengan dokter umum.

Dari hasil pemeriksaan, dokter akan membantu menilai sirkulasi ke kaki lewat beberapa tes secara lebih formal. Namun, cara paling andal untuk menentukan kadar kolesterol adalah melalui tes darah.

Setelah kolesterol tinggi terkonfirmasi, ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk menurunkan levelnya. Caranya mulai dari menerapkan pola makan sehat hingga obat penghilang kolesterol yang disebut statin.

Dalam upaya menurunkan kolesterol, dianjurkan mengurangi lemak jenuh seperti pada keju, mentega, sosis, dan biskuit. Tingkatkan asupan serat larut untuk upaya penurunan, selain menghindari minum alkohol, tidak merokok, dan rutin berolahraga.

Untuk mengatasi PAD, dokter mungkin menyarankan untuk minum obat pengencer darah yang disebut clopidogrel. Pasien juga mungkin perlu menemui ahli bedah vaskular karena ada beberapa cara untuk membuka suplai darah ke kaki melalui pembedahan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement