Senin 13 Mar 2023 11:52 WIB

Michelle Yeoh, Orang Asia Pertama yang Menang Aktris Terbaik di Oscar

Yeoh membawa pulang Academy Award pertamanya berkat film Everything Everywhere

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Gita Amanda
Michelle Yeoh meraih Aktris Terbaik Oscar untuk filmnya
Foto: EPA-EFE/ETIENNE LAURENT
Michelle Yeoh meraih Aktris Terbaik Oscar untuk filmnya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada Ahad malam saat acara penghargaan tahunan Oscar berlangsung, Michelle Yeoh (60 tahun) mencetak sejarah terbaru. Dia menjadi orang Asia pertama yang menang dalam kategori aktris terbaik.

Yeoh membawa pulang Academy Award pertama dalam kariernya berkat film Everything Everywhere All at Once. Pencapaian tersebut datang setelah karier panjang dalam seni bela diri dan film aksi seperti Crouching Tiger Hidden Dragon dan Yes, Madam.

Everything Everywhere yang disutradarai oleh Daniel Kwan dan Daniel Scheinert menceritakan petualangan fiksi ilmiah lucu yang berpusat pada Evelyn Wang, seorang pemilik binatu paruh baya. Wang terhubung dengan versi dirinya dari alam semesta paralel untuk mencegah bencana alam.

“Ini adalah bukti bahwa mimpi bisa menjadi kenyataan. Ladies, jangan biarkan siapa pun memberi tahu bahwa Anda telah melewatkan masa kejayaan Anda. Jangan pernah menyerah,” kata Yeoh di atas panggung sambil memegang tropi, dilansir Variety, Senin (13/3/2023).

Yeoh mendedikasikan penghargaan tersebut untuk ibunya dan semua ibu di dunia. “Mereka benar-benar pahlawan super. Tanpa mereka, tidak seorang pun dari kita akan berada di sini malam ini,” ujar dia.

Selain Yeoh, wanita Asia lain yang pernah memenangkan Oscar adalah Yuh-Jung Youn dalam film Minari dan Miyoshi Umeki dalam film Sayonara. Namun, keduanya memenangkan kategori aktris pendukung terbaik. Ini membuat Yeoh menjadi orang Asia pertama yang memenangkan kategori aktris terbaik.

Yeoh berhasil mengalahkan Cate Blanchett dalam film Tár, Michelle Williams dalam The Fabelmans, Andrea Riseborough dalam film To Leslie, dan Ana de Armas dalam film Blonde. Saat dia keluar dari panggung, dia berteriak, "Terima kasih kepada Academy Awards, ini adalah sejarah yang sedang dibuat!"

Terlepas dari persaingan yang ketat, Yeoh merupakan aktris favorit yang menang karena dia dihormati di hampir setiap acara penghargaan. Ini termasuk SAG Awards, Independent Spirit Awards, dan Golden Globes.

“Saya tidak akan berdiri di sini tanpa Daniels, tanpa pemain dan kru yang luar biasa dan semua orang yang terlibat dengan Everything Everywhere. Saya juga berterima kasih kepada keluarga besar saya di Hong Kong, tempat saya memulai karier,” ucap dia.

Dalam penghargaan Oscar, Everything Everywhere mendapat 11 nominasi dan tujuh kemenangan. Di antaranya adalah film terbaik, sutradara terbaik untuk Daniels, aktris pendukung terbaik untuk Jamie Lee Curtis, dan aktor pendukung terbaik Ke Huy Quan. Everything Everywhere menghasilkan lebih dari 100 juta dolar AS secara global untuk menjadi rilis terlaris A24 sepanjang masa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement