Kamis 26 Jan 2023 12:15 WIB

Everything Everywhere All at Once Kantongi 11 Nominasi Oscar

Michelle Yeoh raih nominasi Oscar berkat Everything Everywhere All at Once.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Aktris Michelle Yeoh sebagai Evelyn Wang di film Everything Everywhere All At Once. Film tersebut mendapat 11 nominasi di Oscar 2023.
Foto: A24
Aktris Michelle Yeoh sebagai Evelyn Wang di film Everything Everywhere All At Once. Film tersebut mendapat 11 nominasi di Oscar 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Film Everything Everywhere All at Once memimpin di pengumuman nominasi ajang Piala Oscar 2023 dengan mengantongi 11 nominasi. Pemeran utamanya, Michelle Yeoh, yang menghidupkan tokoh Evelyn Wang, dinominasikan sebagai aktris utama terbaik.

Kategori lainnya yakni nominasi untuk film terbaik, sutradara terbaik, skenario asli terbaik, penyuntingan terbaik, kostum terbaik, skoring terbaik, dan lagu terbaik. Ke Huy Quan masuk nominasi aktor pendukung terbaik, sementara Jamie Lee Curtis dan Stephanie Hsu dinominasikan jadi aktris pendukung terbaik.

Baca Juga

Yeoh bersama deretan pemain dan kru film Everything Everywhere All at Once menggelar pertemuan daring via Zoom dari London, Inggris pada Selasa (24/1/2023) pagi. Perempuan kelahiran Malaysia itu menganggap belasan nominasi yang didapat di Oscar "agak menakutkan".

Everything Everywhere All at Once berkisah tentang seorang imigran China-Amerika yang mendapati dirinya harus menyelamatkan multiverse. Menurut Yeoh, sinema itu bicara soal keluarga, cinta, dan kasih sayang.

Yeoh berharap cerita Evelyn bisa membantu orang yang tengah menghadapi tragedi dan kekacauan. Baginya, pencapaian sebagai nominator Oscar untuk dirinya, rekan-rekannya, dan film Everything Everywhere All at Once secara keseluruhan seperti ceri di atas kue

Yeoh mengibaratkannya seperti ada di akhir drama panggung ketika tirai dibuka dan semua tim membungkuk. "Di sinilah semua orang datang dan menepuk punggung Anda dan berkata, 'Bravo.' Jadi terima kasih atas bravo-nya. Saya menerima bunga mawarnya," ungkap Yeoh.

Aktris Stephanie Hsu sedang terbang kembali ke Los Angeles, Amerika Serikat, dari tempat syuting di Sydney, Australia, ketika menerima pesan tentang nominasi Oscar. Dia merayakan momen itu dengan duduk santai di kursi, menonton ulang film Everything Everywhere All at Once dan merenungkan pengalaman membuatnya.

"Pada adegan pembuka di mana keluarga bernyanyi di depan cermin, saya sudah menangis histeris. Film ini adalah jabat tangan paling jujur ​​yang bisa saya buat dengan Hollywood," kata Hsu.

Hsu bertekad untuk terus menjadi seniman yang bertanggung jawab sekaligus membuat seni yang mengejutkan. Sementara itu, aktor Ke Huy Quan mengaku berteriak, melompat kegirangan, dan amat emosional saat mengetahui belasan nominasi untuk film yang dia bintangi.

Secara khusus, nominasi aktor pendukung untuk dirinya dianggap amat berarti. Quan berhenti berakting selama beberapa dekade setelah membintangi Indiana Jones and the Temple of Doom dan Goonies sebagai pemeran cilik. Dia juga senang lantaran itu berarti namanya yang khas sebagai pemeran Asia tidak menghalangi meraih pencapaian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement