Sabtu 11 Mar 2023 04:55 WIB

Dibandingkan Generasi Sebelumnya, Milenial Lebih Banyak yang Tergerak Pergi Berobat

Milenial lebih memiliki kesadaran untuk mencari bantuan dari layanan kesehatan.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Sakit perut (ilustrasi). Dalam sebuah survei, milenial dengan kondisi medis kronis umum dan anak-anak mereka tampak tampil sebagai pengambil manfaat tinggi dari sistem perawatan kesehatan dibandingkan dengan Generasi X.
Foto:

Ini termasuk kunjungan ER 22 persen lebih tinggi, kunjungan UC 9 persen lebih tinggi, dan operasi rawat jalan 76 persen lebih tinggi. Orang tua milenial dari anak-anak gen Alpha juga menjadwalkan kunjungan perawatan kesehatan virtual 543 persen lebih banyak daripada generasi lainnya.

Mematahkan stigma

Direktur Program Praktisi Perawat MSN dan asisten profesor keperawatan di Maryville University di Missouri, Mykale Elbe mengatakan dia tidak terkejut dengan temuan ini. Dalam hal kesehatan mental, milenial dan generasi muda sedang meruntuhkan stigma, yang mengarah pada lebih banyak kesadaran gejala dan mencari bantuan dari penyedia layanan kesehatan.

"Sejak pandemi, penyedia layanan kesehatan di semua rangkaian telah melihat lonjakan pasien yang mengalami gangguan kesehatan mental lalu mencari pertolongan," ujar Elbe.

Elbe berharap lonjakan ini akan berkurang saat masyarakat bergerak menuju periode pasca-pandemi. Hanya saja, kecenderungan itu belum terlihat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement