Sabtu 11 Mar 2023 00:39 WIB

Ahmad Dhani Buka Jakarta Concert Week, Sampaikan Kritik Lewat Lagu Lawas

Ahmad Band dan Dewa 19 menjadi pembuka di gelaran Jakarta Concert Week 2023.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Grup band Ahmad Dhani Project tampil dalam Jakarta Concert Week di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (10/3/2023).
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Grup band Ahmad Dhani Project tampil dalam Jakarta Concert Week di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (10/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jakarta Concert Week 2023 sudah mulai dibuka hari ini, Jumat (10/3/2023). Pada hari pertama, ada penampilan dari Ahmad Band X Dewa 19.

Ahmad Band membawakan beberapa lagu yang populer pada era 1990-an seperti “Distorsi” yang diselipi kritik tipis. Selain itu, Ahmad Band membawakan lagu pembuka seperti “Dunia Lelaki”, “Kamu-Kamulah Surgaku”, dan “Bidadari di Kesunyian”. 

Baca Juga

“Distorsi” menjadi lagu keempat yang dinyanyikan. Ini merupakan lagu dari album Ideologi Sikap Otak yang dirilis pada 1998 tepat pada tahun reformasi.

Lirik nyeleneh seperti "Yang muda mabuk. Yang tua korup. Mabuk terus. Korup terus. Jayalah negeri ini. Merdeka" dilantunkan Ahmad Dhani dengan penegasan pada suara. Jika ditilik dari keseluruhan liriknya, sudah jelas ini mengkritik kondisi pada masa itu.

Dhani tak pernah lepas dari ucapannya yang pedas dan mengkritik peristiwa terkini yang baru saja terjadi. “Yang korup Harun Masiku, yang bobrok Ferdi Sambo, yang dibubarin...?,” kata Dhani menggantungkan kalimatnya seusai membawakan “Distorsi”.

Lagu-lagu rilisan 1990-an yang juga dibawakan yakni “Dinda” dan “Kuldesak”. Ahmad Band juga membawakan lagu-lagu era 2000-an seperti “Kucinta Kau dan Dia”, “Madu Tiga”, “Selir Hati”, dan “Munajat Cinta”.

“Soalnya Ahmad Band albumnya cuma satu, jadi lagunya itu-itu aja. Ini lagu dirilis tahun 1990-an, yang lahir 1970-an pasti tahu,” kata Dhani.

Meski begitu, dia berharap anak-anak muda yang menontonnya pada malam tadi ikut menikmati lagu-lagu lawas tersebut. Sebelum melompat ke penampilan Dewa 19 bersama Ello sebagai vokalis, penonton diajak berkaraoke ria dengan lagu-lagu para penampil di Jakarta Concert Week 2023. Seperti lagu “Pilihanku” (Maliq & D’Essentials), “Salah” (Potret), dan “Menghapus Jejakmu” (Noah).

Semua penonton tampak menikmati karaoke singkat sekitar hampir 15 menit, sembari kru menata panggung. Setelah dibuka hari ini, Jakarta Concert Week 2023 akan kembali dihelat mulai 15 Maret hingga 19 Maret 2023 di Plenary Hall Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement