Kamis 09 Mar 2023 11:02 WIB

Hari Musik Nasional, Armand Maulana Ungkap 3 Musisi Favoritnya

Ketiga penyanyo ini telah diidolakan Armand Maulana sejak kecil.

Vokalis band Gigi, Armand Maulana. Armand sedikitinya memiliki tiga penyanyi dalam negeri favorit. (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Fikri Yusuf
Vokalis band Gigi, Armand Maulana. Armand sedikitinya memiliki tiga penyanyi dalam negeri favorit. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Merayakan Hari Musik Nasional yang diperingati setiap 9 Maret, vokalis band Gigi Armand Maulana sedikitnya memiliki tiga sosok seniman musik yang ia idolakan sejak kecil. Mereka adalah almarhum Chrisye, Gito Rollies, dan Ahmad Albar.

"Penyanyi idola gue banyak dari dalam dan luar negeri. Tetapi kalau dari dalam negeri, gue pernah tur bareng tiga manusia hebat yang gue kagumi yaitu almarhum Chrisye, Gito Rollies, serta Om Iyek. Sejak kecil gue mengagumi mereka semua," kata Armand beberapa waktu lalu di Jakarta.

Baca Juga

Mengidolakan ketiganya sejak kecil, lalu mendapatkan kesempatan istimewa bermain di panggung yang sama, Armand menggambarkan penyanyi-penyanyi tersebut sebagai sosok yang sangat rendah hati. Ketiganya tidak pernah menganggap diri mereka lebih hebat ketimbang para penyanyi pendatang baru.

"Setelah gue tur bareng mereka, gue semakin kagum karena dari situ gue bisa melihat kenapa mereka bisa bertahan dan kuat. Pertama, mereka enggak sombong. Kedua, mereka tidak pernah menganggap ada senioritas dalam musik," kata Armand.

Sosok almarhum Chrisye, kata Armand, adalah figur ideal yang sangat peduli pada anak dan keluarganya. Chrisye, yang wafat pada 30 Maret 2007, sempat banyak bercerita kepada Armand mengenai dinamika kehidupan keluarga.

"Kalau enggak salah waktu itu lagi main bersama Erwin Gutawa di Jakarta Convention Center. Mas Chrisye tiba-tiba memanggil gue dan bilang, 'Mand, sini ngobrol. Gue mau ngomong soal anak, nih'. Saat itu gue sampai bengong karena beliau, seorang legenda, mau membahas hal itu sama gue," kata Armand mengenang percakapannya dengan Chrisye.

Salah satu pembahasan kala itu adalah mengenai putra kembar Chrisye yaitu Randa Pramsha Chrismansyah (Masha) dan Rayinda Prashatya Chrismansyah (Pasha). Belakangan momen pertemuan tersebut ia ceritakan kepada Pasha yang hendak membuat proses di balik layar film biopik Chrisye.

Mendengar hal itu, Pasha malah menangis karena menurutnya papanya belum pernah menceritakan hal tersebut. "Jadi, buat gue cerita Chrisye itu jadi suatu pelajaran hidup," kata Armand.

Sosok legenda penyanyi lain yang Armand kagumi adalah Bangun Sugito Tukiman atau yang lebih akrab dengan nama panggung Gito Rollies. Vokalis band The Rollies yang wafat pada 28 Februari 2008 itu sempat memberikan pencerahan bagi Armand utamanya dalam hal keagamaan.

Kala itu, Gigi sering bersama Gito dalam program ngabuburit (menunggu berbuka puasa) pertama. "Banyak sekali cerita yang dibagi oleh Kang Gito soal agama. Apalagi saat itu Kang Gito kan memang sudah jadi ustaz," ujarnya.

Satu sosok terakhir yang jadi panutan Armand adalah penggawa supergrup rock era '70-an God Bless yaitu Ahmad Albar yang akrab disapa Iyek. "Dulu pernah ikut tur bareng Om Iyek dan God Bless. Mereka itu sungguh orang-orang yang sangat bersahaja," kata Armand.

Selain tiga vokalis yang ia idolakan sejak kecil, Armand menambahkan satu lagi sosok penyanyi yang menurutnya juga berkualitas legenda dan sangat patut menjadi kebanggaan Tanah Air, yaitu penyanyi dangdut MeggyZ.

"Gue enggak pernah melihat beliau sedih atau capek dalam keadaan apapun. Beliau selalu memiliki totalitas dan energik. Jadi, sosoknya membuat suasana jadi lebih cerah lewat energi yang diberikan," kata Armand. 

 

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement