Kamis 09 Mar 2023 00:47 WIB

Tingkah Menyebalkan Ketika Nonton Konser Musik, Jangan Ditiru

Saat menghadiri konser, tentu ada beberapa etika yang harus dipatuhi.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Konser Sheila On 7. Saat menghadiri konser, ada beberapa etika yang harus diperhatikan agar tidak menganggu kenyamanan penonton lain. (ilustrasi)
Foto: Sheila on 7 merayakan 27 tahun karier bermusi
Konser Sheila On 7. Saat menghadiri konser, ada beberapa etika yang harus diperhatikan agar tidak menganggu kenyamanan penonton lain. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Angka Covid-19 yang semakin menurun membuat banyak kegiatan kembali normal. Salah satunya maraknya konser musik yang digelar.

Saat menghadiri konser, tentu ada beberapa etika yang harus dipatuhi. Jangan sampai Anda berperilaku kasar saat konser berlangsung. Apa saja perilaku tidak menyenangkan itu?

Baca Juga

1. Mabuk

Dilansir dari laman Huffington Post, Rabu (8/3/2023), konser adalah tempat yang bagus untuk menikmati beberapa minuman dan bersantai. Namun ada garis tipis antara bersenang-senang dan mabuk yang menabrak orang dan menumpahkan semua orang.

"Mabuk, memulai perkelahian, mencemooh, dan kehilangan semua hambatan bukanlah gerakan konser yang bagus," ujar Diane Gottsman, penulis Modern Etiquette for a Better Life  dan pendiri The Protocol School of Texas.

2. Banyak bicara selama konser

“Selama pertunjukan di teater, opera, balet, dan pengaturan serupa, suara hanya bokeh datang dari panggung,” ujar Jodi RR Smith, presiden Mannersmith Etiquette Consulting yang berbasis di Massachusetts.

Ini berarti, Anda tidak boleh berbicara saat penyanyi, penari, atau aktor sedang tampil. Bahkan di konser yang lebih santai, perhatikan bagaimana pembicaraan Anda dapat menghilangkan pengalaman dan kemampuan orang lain untuk menikmati pertunjukan.

3. Melakukan aksi sendiri

“Setiap kali menghadiri pertunjukan langsung, penting untuk diingat bahwa ini bukan ruang tamu Anda,” ujar Nick Leighton, pakar etiket dan co-host dari podcast “Were You Raised by Wolves?”. 

Bagaimana Anda beraksi dapat memengaruhi orang-orang di sekitar Anda serta para pemain di atas panggung. Ini berarti berhati-hati agar tidak mengganggu atau memengaruhi kenikmatan penonton lainnya.

Untuk itu, nikmati pertunjukannya, tetapi jangan mencoba menampilkan salah satu pertunjukan Anda sendiri yang mengurangi pengalaman orang lain. Menahan diri dari berteriak dan bernyanyi berlebihan, kecuali orang lain melakukannya.

“Anda mungkin hafal setiap lagu, tetapi 'mengambil panggung di baris Anda sendiri' cukup mengganggu,” ujar Gottsman.

4. Bermain ponsel

Cobalah untuk menghindari SMS selama konser, terutama dalam suasana intim. “Layar bercahaya itu sangat mengganggu, terutama di teater yang gelap,” ujar Smith.

Kecuali ada alasan mengapa ponsel Anda harus dihidupkan, sebaiknya matikan sepenuhnya untuk menghindari godaan untuk melihatnya. “Ponsel yang bergetar masih menimbulkan kebisingan dan dapat mengganggu orang-orang di sekitar Anda," kata dia.

5. Menghalangi pandangan orang

“Cobalah yang terbaik untuk tidak menghalangi pandangan orang di belakangmu,” ujar Gottsman.

Anda mungkin tidak memiliki kursi barisan depan, tetapi di tengah keramaian, cobalah untuk tidak memakai topi yang terlalu besar. Jangan mengangkat berbagai poster atau barang yang menghalangi pandangan orang yang duduk di belakang Anda.

Jangan berdiri sepanjang waktu. Dalam situasi khusus ruang berdiri, cobalah untuk memperhatikan penghalang yang mungkin Anda timbulkan.

Hal lain yang sebaiknya jangan dilakukan saat konser yakni mencemooh, mengambil foto dan video berlebihan, menari atau melompat berlebih sehingga terkena orang lain. Jangan pula datang telat sehingga mengganggu tetangga kursi dan mendorong jalan keluar Anda.

“Tepat waktu, terutama untuk konser formal,” kata ujar pakar etiket, Juliet Mitchell.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement