Kamis 09 Mar 2023 09:38 WIB

Lawan Bicara tak Mendengarkan Anda Jika Perlihatkan Bahasa Tubuh Ini

Cara seseorang memposisikan tubuhnya selama percakapan dapat menunjukkan banyak hal.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Qommarria Rostanti
Berbicara dengan teman (ilustrasi). Ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa lawan bicara tidak mengendarkan Anda.
Foto: www.freepik.com
Berbicara dengan teman (ilustrasi). Ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa lawan bicara tidak mengendarkan Anda.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berbicara namun tak didengar oleh lawan bicara mungkin akan terasa mengecewakan. Meskipun orang yang Anda ajak mengobrol mungkin memberi isyarat tertentu seperti anggukan kepala, penegasan, dan persetujuan, Anda mungkin masih merasa bahwa mereka tidak sepenuhnya mendengarkan.

Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari gangguan dalam kehidupan pribadi atau sesederhana mereka lebih suka melakukan hal lain. Untuk mengetahui bahwa lawan bicara tidak mendengarkan Anda, bisa dikenali dari beberapa tanda bahasa tubuh berikut, seperti dikutip Best Life, Rabu (8/3/2023):

Baca Juga

1. Kurang kontak mata

Pengembaraan mata adalah tanda pasti bahwa orang tersebut tidak menaruh perhatian penuh. Menurut terapis dari Couples Candy, Megan Harrison, tanda ini bisa dilihat dari pandangan yang mengarah ke kejauhan atau ke arah orang lain.

 

“Bukannya tertarik dengan apa yang Anda katakan, mereka lebih suka mengarahkan perhatian mereka ke tempat lain,” kata Harrison. Anda dapat mencoba memfokuskan kembali mereka dengan dorongan lembut, terutama jika apa yang terjadi di sekitar Anda benar-benar mengganggu.

2. Tangan gelisah

Anda juga dapat memeriksa tangan seseorang untuk mengetahui seberapa serius mereka mendengarkan. Harrison menyebut orang mungkin menggerakkan tangan atau menjentikkan jari saat mereka tidak mendengarkan. Sebab, ini bisa menjadi tanda bahwa mereka cemas dan terganggu.

“Selain itu, orang yang tidak terlibat dalam percakapan mungkin mengetuk-ngetukkan jari mereka di atas meja atau menggosokkan kedua telapak tangan mereka. Keduanya menandakan orang tersebut tidak memperhatikan apa yang dikatakan,” ujarnya.

Pekerja sosial klinis KayLee Dunn mengatakan, bagi sebagian orang seperti penderita attention deficit hyperactivity disorder (ADHD), kegelisahan timbul dalam upaya meningkatkan perhatian mereka. “Penelitian menunjukkan ingatan, pemecahan masalah, dan kemampuan untuk fokus meningkat dengan aktivitas fisik bagi mereka yang menderita ADHD,” kata dia.

Jika seseorang sangat gelisah, jangan langsung mengambil kesimpulan. Mereka mungkin melakukan yang terbaik untuk memberikan segalanya kepada Anda dalam percakapan.

3. Berpaling dari Anda

Cara seseorang memposisikan tubuhnya selama percakapan dapat menunjukkan banyak hal tentang seberapa fokus dan menaruh perhatian pada lawan bicaranya. Terapis Chrystal Roberts mengatakan, ketika manusia mendengarkan satu sama lain, mereka menunjukkan keselarasan dengan tubuh mereka.

“Sikap umum, arah, dan sudut bahu, wajah, dan bahkan kaki mereka adalah isyarat kuat apakah mereka terlibat dalam percakapan atau tidak,” kata Roberts.

4. Atmosfer terasa padam

Firasat Anda bisa menjadi salah satu tanda bahwa lawan bicara tidak mendengarkan Anda. Dunn mengatakan, manusia memiliki kemampuan untuk merasakan ketika sedang selaras atau merasa.

“Ketika kita tidak merasa, kita dapat merasakan bahwa orang lain 'jauh'," kata dia. Hal itu bisa dilihat dari mereka mengetukkan kaki dan tidak tersenyum saat Anda menceritakan kisah lucu.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement