Selasa 07 Mar 2023 06:54 WIB

Takut ke Toilet Umum karena Kotor? Gunakan Cara Ini Agar Lebih Aman

Ada orang-orang yang sengaja menahab buang air bersih karena tak mau ke toilet umum.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Toilet umum (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Toilet umum (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika berada di luar rumah dan timbul keinginan untuk buang air kecil, tidak semua orang langsung menuju ke toilet umum. Ada orang-orang yang memilih menahan rasa ingin buang air kecil karena "anti" dengan toilet umum. Alsannya, khawatir terhadap kebersihan toilet umum.

Bahkan ada orang-orang yang mengalami gangguan kejiwaan yang disebut shy bowel atau Paruresis. Melalui media sosial, seorang dokter kandungan, dr Divya Vora, mengingatkan beberapa hal yang tidak boleh dilakukan.

Baca Juga

Pertama, jangan menahan kencing. Menahan diri dari kencing untuk menghindari menggunakan toilet umum adalah salah satu kesalahan. Ini bukan hanya kebiasaan buruk, tetapi juga tidak baik untuk kandung kemih.

Kedua, jangan sengaja tidak minum. Anda mungkin mengira bahwa dengan tidak minum, dapat membantu menghindari toilet umum. Hal ini tentu salah dari segi kesehatan. 

Dr Vora juga berbagi lima cara untuk mengalahkan rasa "takut" akan toilet umum seperti dikutip dari laman Healtshots, Selasa (7/3/2023):

1. Selalu bawa pembersih dudukan toilet dan tisu

Ini adalah fakta yang diketahui bahwa kamar kecil umum terbuka untuk digunakan oleh siapa saja. Setiap orang mengunjunginya setiap hari.

Tidak dapat dipungkiri bahwa Anda dapat menemukan dudukan toilet kotor dan tidak rapi. Setiap kali merasa terjebak dalam situasi seperti itu tanpa ada orang yang membantu, Anda harus membiasakan diri untuk membawa sanitiser dan tisu di tas untuk membersihkan dudukan toilet.

2. Gunakan hand shower untuk membersihkannya

“Gunakan hand shower atau air untuk membersihkannya, saat tidak memiliki tisu,” kata dr Vora. Tidak ada perawatan "mewah" yang bisa mengalahkan penggunaan air. 

3. Angkat tempat dudukan dan duduklah di permukaan bawah

Kebanyakan wanita yang mengunjungi toilet umum duduk di kursi permukaan untuk buang air kecil atau buang air besar. Jadi, permukaan bawah paling sedikit digunakan di toilet wanita. Anda dapat mengangkat permukaan atas dan menggunakan dudukan bawah untuk tujuan keamanan dan kebersihan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement