Jumat 05 Apr 2024 15:34 WIB

Pemudik, Ini Bahaya Menahan Kencing di Perjalanan

Menahan Kencing dapat meningkatkan risiko infeksi saluran kemih.

Rep: Santi Sopia/ Red: Friska Yolandha
Pemudik beristirahat di dekat mobilnya di Rest Area KM 130 A Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), Indramayu, Jawa Barat, Kamis (4/4/2024). Ini Bahaya Menahan Kencing di perjalanan.
Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Pemudik beristirahat di dekat mobilnya di Rest Area KM 130 A Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), Indramayu, Jawa Barat, Kamis (4/4/2024). Ini Bahaya Menahan Kencing di perjalanan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hari Raya Idul Fitri, khususnya di Indonesia, identik dengan tradisi kembali ke kampung halaman. Dalam perjalanan mudik, tidak jarang orang hanya fokus untuk mengejar waktu sampai ke kampung, hingga mengabaikan kebutuhan dasar.

Kebutuhan itu seperti mencukupi asupan makanan, cairan, bahkan kebutuhan untuk buang air kecil. Bagi yang sering menahan buang air kecil atau malas minum air putih, penyakit infeksi saluran kemih mengintai Anda. Apalagi untuk wanita, karena penyakit ini lebih sering diderita oleh kaum hawa.

Baca Juga

"Idul Fitri tentu menjadi momen yang sangat dinantikan. Jangan sampai sukacita bertemu dengan keluarga di kampung halaman jadi terganggu akibat infeksi saluran kemih. 

"Lakukan kebiasaan-kebiasaan yang baik untuk mencegah Infeksi Saluran Kemih. Jika mengalami gejala ISK, segera konsultasikan pada dokter spesialis bedah urologi untuk mendapatkan penanganan yang tepat," kata dr Ima Nastiti Setyaningsih, Dokter Spesialis Urologi RS Pondok Indah Bintaro Jaya, dikutip Jumat (5/4/2024).

Gejala Infeksi Saluran Kemih

Infeksi Saluran Kemih (ISK) terjadi ketika ada bakteri yang masuk ke dalam traktus urinarius melalui uretra dan berkembang biak di dalam kandung kemih. Meskipun sistem berkemih telah didesain untuk menghambat masuknya bakteri, kadang-kadang mekanisme pertahanan tersebut gagal.

Hal ini bisa terjadi pada saat kondisi tubuh Anda sedang tidak fit. Akibatnya, terjadi infeksi di dalam saluran kemih. Setelah itu dapat muncul keluhan-keluhan berupa desakan (urgency) untuk berkemih, nyeri saat berkemih, sering berkemih, urine keruh, kemerahan, atau berbau, dan nyeri panggul.

Menurut data National Kidney and Urologic Diseases Information Clearinghouse (NKUDIC) 2018, ISK adalah infeksi kedua terbanyak yang dialami masyarakat di Indonesia, setelah infeksi saluran pernapasan. Jumlahnya mencapai 8,3 juta per tahun.

Faktor Risiko Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih sering terjadi pada wanita. Biasanya wanita mengalami lebih dari satu kali infeksi seumur hidupnya. Faktor risiko spesifik pada wanita untuk terjadinya ISK adalah sebagai berikut.

Lanjut ke halaman berikutnya....

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement