Selasa 07 Mar 2023 06:00 WIB

Hammersonic Jadi Digelar, Bagaimana Line Up-nya?

Pandemi mengakibatkan ada perubahan dari pengisi acara Hammersonic.

Rep: Fitriyan Zamzami/ Red: Indira Rezkisari
Band metal Slipknot. Festival musik metal Hammersonic akan kembali digelar di Jakarta, Slipknot menjadi salah satu pengisi acara.
Foto: EPA-EFE/Eliseo Trigo ID: 8531904 Size: 4413p
Band metal Slipknot. Festival musik metal Hammersonic akan kembali digelar di Jakarta, Slipknot menjadi salah satu pengisi acara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Metalhead Indonesia bersiap menyambut gelaran festival metal terbesar di Asia Tenggara, Hammersonic. Meski begitu, muncul pertanyaan soal line up alias pengisi acara yang sedikit berbeda dari saat acara itu diumumkan sebelum pandemi.

“Karena pandemi begitu lama jadi memang ada sedikit perubahan,” ujar perwakilan panitia penyelenggara Hammersonic, Naomi Claudya (tengah) dalam konferensi pers di Jakarta Selatan, Senin (6/3/2023).

Baca Juga

Slipknot, band metal asal Amerika, akan tetap menjadi penampil utama. Selain itu, penampil internasional lainnya juga termasuk Trivium, Watain, Saosin, Story of the Year, Black Flag, Vio-lence, Amon Amarth, Tiny Moving Parts, dan lainnya.

Dari Tanah Air, ada band cadas kawakan seperti Deadsquad, Burgerkill, Rocket Rockers, St Loco, dan masih banyak lagi. Panitia menjanjikan sebanyak 53 band metal dan rock akan beraksi.

Terlepas dari deretan mentereng itu, sejumlah nama yang juga dijanjikan pada 2020 lalu, sebelum pandemi melanda dan festival ditunda, absen. Di antaranya Overkill dan Suicide Silence.

Perwakilan Hammersonic Dede Rianta menyatakan keduanya memang terkendala datang. Menurut Deri, sapaan akrabnya, vokalis Overkill, Bobby "Blitz" Ellsworth, tengah sakit stroke sehingga belum bisa datang.

Ellsworth memang dikabarkan pingsan di atas panggung sekitar 30 menit setelah penampilan utama band di Nürnberg, Jerman pada 27 Juni 2022 lalu. Pengumuman resmi grup itu kemudian menyatakan yang bersangkutan terkena stroke ringan.

Sedangkan Suicide Silence memang membatalkan seluruh turnya di Asia. Panitia sempat berusaha membujuk band tersebut namun tak berhasil.  "Ternyata mereka ada masalah internal kalau dari Suicide Silence," kata Deri.

Untuk penampil lokal, Vox Mortis juga diganti Dreamer. Hal ini mengingat Vox Mortis saat ini tengah menyusun materi baru untuk album mereka.

Pada penyelenggaraan tahun ini, Hammersonic tak hanya menyuguhkan penampilan band-band cadas. Ada pula beragam kegiatan bagian dari Hammersonic Metal Convention, mulai dari Hammersonic Talk, Hammersonic Comedy Show, hingga Hammersonic Award.

Sejumlah pihak mengkhawatirkan penampilan-penampilan sampingan itu akan mengurangi esensi musik cadas dari helatan tersebut. Hal ini ditepis pihak panitia yang menyatakan bahwa festival tahunan itu butuh penyegaran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement