Senin 06 Mar 2023 15:16 WIB

Psikolog RSKD Maluku: Pasien Usia 20-30 Tahun Umumnya Depresi Akibat Asmara

Masalah asmara dapat membuat orang depresi.

Menangis ketika depresi (ilustrasi). Psikolog mengingatkan bahwa putus cinta tidak sama dengan kehilangan anggota keluarga.
Foto:

Vebry mengatakan penanganan oleh psikolog menjadi penting untuk membantu mereka ke luar dari kondisi-kondisi tersebut. Jika seseorang yang mentalnya terganggu, namun tak dilakukan perawatan atau terapi khusus maka akan berisiko berdampak pada tindakan negatif hingga mengarah ke kriminal atau lainnya.

"Itu sebenarnya bagaimana kondisi stres mereka, terkait bagaimana mereka menanggapi suatu permasalahan di depannya," kata Vebry.

Menurut Vebry, kemampuan seseorang mengelola stres tentu berbeda-beda antara satu dan lainnya. Hal itu berkaitan dengan cara seseorang melampiaskan stresnya ke hal-hal lain dan ada juga orang yang membutuhkan psikolog untuk menyelesaikan permasalahannya.

Untuk itu, Vebry menegaskan pentingnya mengelola stres dengan baik bagi para pemuda-pemudi untuk terhindar dari kondisi-kondisi gangguan mental tertentu. Ia juga menganjurkan untuk menjalani konseling jika diperlukan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement