Ahad 05 Mar 2023 17:00 WIB

Tiga Olahan Daging Wagyu yang Mudah Dibuat, Perhatikan Trik Masaknya

Daging sapi Wagyu halal memiliki cita rasa yang sangat lezat.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Selain kaya akan rasa dan lembut, daging sapi Wagyu halal juga memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal dan ganda yang lebih tinggi dibandingkan daging sapi biasa./ilustrasi
Foto: Petra Restaurant
Selain kaya akan rasa dan lembut, daging sapi Wagyu halal juga memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal dan ganda yang lebih tinggi dibandingkan daging sapi biasa./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Saat ini industri daging sapi Wagyu halal memang masih relatif kecil. Namun, semua pemain kunci sudah berkecimpung di ranah daging sapi Wagyu halal. Tak sedikit produsen yang memasarkan daging sapi Wagyu halal mereka ke dalam dan luar negeri.

Selain diproduksi secara etis, daging sapi Wagyu halal juga memiliki cita rasa yang sangat lezat. Selain kaya akan rasa dan lembut, daging sapi Wagyu halal juga memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal dan ganda yang lebih tinggi dibandingkan daging sapi biasa.

Baca Juga

Lemak tak jenuh tunggal dan ganda merupakan jenis lemak yang sehat dan dapat memberikan manfaat bagi jantung. Selain itu, daging sapi Wagyu halal diketahui memiliki kandungan asam lemak omega 3 dan conjugated linoleic acid yang lebih tinggi.

Dengan tingkat marble yang sangat baik, daging sapi Wagyu halal yang sudah dimasak bisa terasa meleleh di dalam mulut. Terkait pengolahan, berikut ini adalah tiga resep mudah untuk mengolah daging sapi Wagyu halal menjadi hidangan menggiurkan, seperti dilansir Halal Times.

 

Steak Panggang Wagyu

Taburkan garam, lada, dan bawang putih bubuk pada potongan daging sapi Wagyu halal untuk menambah cita rasa. Setelah itu, panggang daging sapi Wagyu halal dengan api panas selama 3-4 menit untuk masing-masing sisi, atau sampai daging mencapai tingkat kematangan yang diinginkan. Steak panggang dari daging sapi Wagyu halal siap disajikan bersama dengan sayuran panggang dan kentang tumbuk.

 

Burger Wagyu

Giling daging sapi Wagyu halal dengan baik dan tambahkan sejumlah bumbu yang diinginkan, seperti garam, lada, dan rempah favorit. Setelah itu, bentuk daging sapi Wagyu halal giling menjadi patty dan masak di api sedang selama 3-4 menit per sisi. Sajikan dengan roti burger, selada, tomat, serta kondimen lain yang diinginkan.

 

Tumis Wagyu

Potong daging sapi Wagyu halal dengan bentuk strip yang tipis. Selanjutnya, tumis daging sapi Wagyu halal bersama dengan sayuran seperti brokoli, wortel, atau paprika. Tambahkan pula kecap asin, bawang putih, dan jahe untuk menambah rasa. Sajikan tumis daging sapi Wagyu halal bersama nasi atau mie.

 

Trik Memasak

Cita rasa daging sapi Wagyu halal sangat cocok disajikan dalam berbagai kreasi masakan. Selain itu, daging sapi Wagyu halal juga dapat dimasak dengan berbagai metode, mulai dari memanggang, membakar, hingga menumisnya.

Pastikan untuk tidak memasak daging sapi Wagyu halal secara berlebih. Proses memasak yang terlalu lama bisa membuat daging sapi Wagyu halal kehilangan cita rasa dan tekstur khasnya. Penggunaan termometer memasak bisa membantu memastikan daging sapi Wagyu halal matang dengan sempurna.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement