Rabu 01 Mar 2023 18:05 WIB

Anak Bisa Alami Penyakit Jantung Bawaan, Bawa ke Dokter Kalau Ada Gejala Ini

Kenali gejala penyakit jantung bawaan pada anak.

Anak sakit (ilustrasi). Penyakit jantung bawaan (congenital heart disease) merupakan kelainan struktur jantung yang didapatkan sejak bayi lahir.
Foto:

Menurut dr Rio, penyakit jantung bawaan meliputi penyakit jantung bawaan (PJB) sianosis (kebiruan) dan PJB asianosis (non-kebiruan). Ia mencontohkan, PJB sianosis (kebiruan) dapat berupa kecacatan yang membuat darah kekurangan oksigen mengalir keluar dari jantung dan ke seluruh tubuh (tetralogy of fallot) (TOF) dan kelainan jantung transposition of great artery (TGA).

Sedangkan PJB asianosis (non-kebiruan) bisa berupa atrial septal defect (celah atau lubang pada sekat antara serambi kanan dan kiri), ventricle septal defect (celah atau lubang pada sekat antara bilik kiri dan kanan), dan patent ductus arteriosus (terbukanya saluran antara pembuluh darah paru dan pembuluh darah besar aorta).

Dr Rio mengatakan bahwa penanganan penyakit jantung bawaan sekarang dapat dilakukan dengan operasi jantung terbuka maupun teknik non-pembedahan, yakni kateterisasi jantung menggunakan bantuan sinar X fluoroscopy dan zat kontras. Kemajuan terbaru adalah kateterisasi jantung tanpa sinar X fluoroscopy.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement