Rabu 01 Mar 2023 16:27 WIB

Masuk Sekolah Jam 9 Pagi, Finlandia Punya Pendidikan Terbaik Ketiga di Dunia

Jam masuk sekolah di Finlandia lebih siang dibandingkan dengan negara lain.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Qommarria Rostanti
Jam masuk sekolah di Finlandia (ilustrasi). Finlandia menjadi salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Siswa di sana baru masuk sekolah pukul 09.00-09.45.
Foto: www.freepik.com
Jam masuk sekolah di Finlandia (ilustrasi). Finlandia menjadi salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Siswa di sana baru masuk sekolah pukul 09.00-09.45.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Finlandia menjadi salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Dilansir laman Leverage Edu, Rabu (1/3/2023), dalam peringkat pendidikan berdasarkan negara, Finlandia memiliki total skor peringkat 1.631K di posisi ketiga pada 2021.

Berdasarkan Studi Kompetitif Global Forum Ekonomi Dunia, Finlandia dinilai menjadi negara yang memiliki pendidikan paling maju di dunia. Ada banyak alasan di balik sistem pendidikan yang bagus di Finlandia. Salah satunya adalah siswa di sana pergi ke sekolah lebih siang.

Baca Juga

Banyak negara yang menerapkan masuk sekolah pukul 06.00 sampai 08.00. Waktu tersebut dinilai sangat pagi sehingga siswa terkadang masih mengantuk dan tidak bersemangat ke sekolah. Oleh karena itu, jam masuk sekolah di Finlandia lebih siang dibandingkan dengan negara lain.

Dilansir World Economic Forum, siswa di Finlandia mulai masuk sekolah pukul 09.00 hingga 09.45. Penelitian menunjukkan, jam masuk sekolah lebih awal akan merugikan kesejahteraan, kesehatan, dan kematangan siswa. Mereka memiliki durasi belajar dan istirahat lebih yang lebih lama.

Selain jam masuk sekolah yang lebih siang, siswa yang mulai sekolah di Finlandia juga "lebih tua". Mereka baru mulai bersekolah ketika berusia tujuh tahun.

Pada masa perkembangan anak-anak, mereka tidak terikat dengan pendidikan wajib. Ini merupakan cara untuk membiarkan seorang anak menjadi anak-anak sesuai usianya.

Hanya ada sembilan tahun sekolah wajib yang harus diikuti oleh anak-anak Finlandia. Pendidikan setelah sekolah wajib merupakan opsional. Finlandia memilih untuk mempersiapkan para siswa menghadapi dunia nyata. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement