Jumat 24 Feb 2023 18:28 WIB

Tak Hanya Enak, Semangka Ternyata Punya Khasiat Menakjubkan untuk Tubuh

Ada banyak sekali nutrisi dan manfaat kesehatan potensial yang dimiliki semangka.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Semangka (ilustrasi). Selain memeiliki rasa yang enak, semangka ternyata memiliki khasiat menakjubkan untuk tubuh.
Foto: Pixabay
Semangka (ilustrasi). Selain memeiliki rasa yang enak, semangka ternyata memiliki khasiat menakjubkan untuk tubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Semangka yang manis dan berair tidak hanya merupakan buah yang lezat disantap saat musim panas. Ada banyak sekali nutrisi dan manfaat kesehatan potensial yang dimiliki buah segar ini, sehingga buah ini tepat dimasukkan jadi pola makan harian.

"Kalorinya rendah, membuat Anda tetap terhidrasi dan menyediakan banyak nutrisi lain yang dapat membantu Anda menjaga kesehatan," ujar ahli diet terdaftar Lara Whitson, dikutip dari laman Health Cleveland Clinic, Jumat (24/2/2023).

Baca Juga

Berbagai penelitian juga menunjukkan bahwa buah semangka memiliki banyak efek baik. Berikut sembilan potensi manfaat kesehatan dari semangka yang dibagikan Whitson:

1. Membantu tetap terhidrasi

Semangka terdiri dari 92 persen air, merupakan cara mudah untuk menghidrasi tubuh. Cobalah makan buah semangka yang ditaburi garam setelah aktivitas fisik atau olahraga berat untuk mengisi kembali elektrolit, memulihkan energi, dan memuaskan dahaga.

2. Mempertahankan berat badan sehat

Makan semangka bisa menjadi pilihan bagus bagi orang yang mencoba mempertahankan atau mencapai berat badan sehat. Karena mengandung banyak air dan memiliki sedikit kalori, buah ini dapat membuat seseorang kenyang lebih lama.

3. Melindungi dari penyakit

Kandungan nutrisi dalam semangka dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan peradangan. Bukti awal menunjukkan bahwa rutin makan semangka meningkatkan kesehatan dan dapat mengurangi risiko penyakit kronis seperti diabetes, obesitas, penyakit kardiovaskular, dan kanker.

4. Mendukung kesehatan mata

Seiris semangka berukuran sedang mengandung hingga 11 persen vitamin A yang mendukung kesehatan mata. Kandungan antioksidan di dalam buah juga dapat membantu mencegah atau menunda katarak, juga mengurangi risiko degenerasi makula.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Dosis vitamin C (asam askorbat) dalam buah semangka mendukung peningkatan sistem kekebalan tubuh. Nutrisi itu memungkinkan tubuh melawan kuman dan infeksi, bahkan dapat membantu mengurangi risiko seseorang terkena kanker.

6. Meredakan nyeri otot

Makan semangka bisa memulihkan nyeri otot setelah berolahraga, berkat kandungan citrulline yang membantu menghasilkan oksida nitrat untuk meningkatkan aliran darah serta fungsi otot. Citrulline juga menghilangkan amonia dari tubuh, serta mengurangi jumlah laktat agar tidak menumpuk di tubuh dan tak memicu nyeri otot.

7. Membantu kesehatan kulit

Vitamin C dalam semangka membantu tubuh memproduksi kolagen, yang mendukung kesehatan sel dan kemampuan untuk sembuh dari cedera. Kolagen juga memberi kekuatan dan elastisitas pada kulit serta membantu mengganti sel kulit mati.

Ada juga kandungan vitamin A yang membantu memperbaiki sel-sel kulit, mencegah kulit kering dan mengelupas. Vitamin B6 di dalamnya pun dapat membantu mencegah jerawat. Selain disantap, semangka juga bisa diaplikasikan untuk masker wajah.

8. Memperbaiki pencernaan

Senyawa tumbuhan (polifenol) dalam semangka memicu perkembangan bakteri baik di usus. Tidak hanya memudahkan pencernaan, bakteri baik juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan proses produksi nutrisi penting di usus.

9. Mengontrol gula darah

Semangka memberikan alternatif yang bagus bagi orang yang mencoba menjaga kadar glukosa darah tetap stabil atau mengurangi risiko diabetes. Buah ini memiliki sedikit karbohidrat dan menghasilkan lebih sedikit glukosa daripada makanan lain saat dikonsumsi.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement