Kamis 23 Feb 2023 20:26 WIB

Bukan Cuma Pola Asuh, Faktor Ini Juga Pengaruhi Perilaku dan Karakter Anak

Bukan cuma salah asuhan yang bisa membuat perilaku dan karakter anak jadi buruk.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Anak menangis (ilustrasi). Selain pola asuh orang tua, ada beberapa hal yang memengaruhi karakter dan perilaku anak.
Foto: Yogi Ardhi/Republika
Anak menangis (ilustrasi). Selain pola asuh orang tua, ada beberapa hal yang memengaruhi karakter dan perilaku anak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Praktisi psikolog keluarga, Nuzulia Rahma Tristinarum, mengatakan selain pola asuh orang tua, ada beberapa hal yang memengaruhi karakter dan perilaku anak. Faktor lingkungan, khususnya pengaruh teman sebaya, juga berperan dalam pembentukan karakter anak.

"Ajarkan anak kemampuan untuk menyaring lingkungannya sehingga meminimalisir resiko terpengaruh perilaku negatif dari lingkungan," kata perempuan yang akrab disapa Lia ini kepada Republika.co.id, Kamis (23/2/2023).

Baca Juga

Selain itu, lanjut Lia, tanamkan juga pada anak spiritualitas agama, bukan hanya ritual agama. Dengan begitu, anak memiliki prinsip hidup yang kuat

Faktor lain yang juga memengaruhi perilaku anak adalah media sosial dan sistem sosial atau sistem pendidikan. Hal-hal ini dapat membuat perilaku anak berbeda beda antara anak yang satu dan lainnya.

"Anak dengan kehidupan yang baik dan benar pada empat aspek ini, akan membantu anak tumbuh dan berkembang dengan katakter dan perilaku yang positif," ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement