Ahad 31 Mar 2024 15:11 WIB

Kecanduan Gim-Medsos, Anak Berisiko Jadi Lemot

Kecanduan gim dan medsos bisa berdampak pada kemampuan kognitif anak.

Main game online. Kecanduan game online juga dapat berdampak pada emosi anak yang labil dan sulit dikendalikan.
Foto: EPA-EFE/ROMAN PILIPEY
Main game online. Kecanduan game online juga dapat berdampak pada emosi anak yang labil dan sulit dikendalikan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Orang tua perlu lebih peka untuk mencegah anaknya kecanduan apapun. Adiksi perilaku seperti kecanduan pada gim atau media sosial dapat berdampak pada kemampuan kognitif anak.

"Orang-orang yang kecanduan bermain gim ternyata skor pemeriksaan fungsi berpikirnya jauh lebih rendah ketimbang orang yang normal," kata dokter spesialis saraf Yetty Ramli dalam sebuah diskusi daring, dikutip Ahad (31/3/2024).

Baca Juga

Pertama, dari aspek kontrol diri. Anak yang mengalami adiksi sulit mengalihkan perhatiannya, sehingga cenderung tidak peduli dengan lingkungan sekitar serta lambat bereaksi apabila terjadi sesuatu di sekitarnya. Selain itu, adiksi juga berdampak pada emosi anak yang labil dan sulit dikendalikan.

"Misalnya dia disuruh setop, dia akan marah, mengamuk, malah ada yang sampai membunuh," ujar Yetty.

Kedua, dari aspek daya ingat. Adiksi dapat menyebabkan mudah lupa sehingga anak kesulitan dalam belajar.

Yetty juga mengingatkan pengaruh adiksi terhadap kemampuan bicara dan komunikasi anak-anak. Anak-anak yang sudah adiksi terhadap sesuatu akan mengurangi kualitas dan kuantitas interaksinya dengan orang tua maupun lingkungannya.

Hal tersebut membuat kemampuan komunikasi maupun kemampuan motorik anak lebih lambat berkembang. Yettymendorong orang tua untuk lebih memperhatikan waktu yang dihabiskan anak dalam bermain gim maupun melihat media sosial, terlebih dalam masa tumbuh kembangnya.

"Jadi anak ini akan kesulitan dalam melakukan segala keterampilan, kemampuan motoriknya baik motorik halus maupun kasarnya dan kemampuan berbicaranya terutama yang mengalami keterlambatan," tutur dokter dari RSUPN dr. Cipto Mangunkusumo, Jakarta ini.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement