Jumat 17 Feb 2023 15:29 WIB

Kelelahan tak Bisa Sebabkan Orang Sehat Meninggal Mendadak

Orang yang meninggal mendadak biasanya punya masalah kesehatan yang pengaruhi jantung

Sakit jantung (ilustrasi). Dokter spesialis penyakit jantung dan pembuluh darah dr Dicky Armein Hanafy mengatakan, kelelahan tidak menyebabkan orang sehat meninggal mendadak.
Foto: www.maxpixel.com
Sakit jantung (ilustrasi). Dokter spesialis penyakit jantung dan pembuluh darah dr Dicky Armein Hanafy mengatakan, kelelahan tidak menyebabkan orang sehat meninggal mendadak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dokter spesialis penyakit jantung dan pembuluh darah dr Dicky Armein Hanafy mengatakan, kelelahan tidak menyebabkan orang sehat meninggal mendadak. Kondisi itu tidak mungkin terjadi tanpa kelainan genetik atau penyakit lainnya.

"Tidak bisa (meninggal mendadak karena kelelahan) kalau orangnya sehat, tanpa ada kelainan genetik, tanpa ada kelainan bawaan, tanpa kelainan penyakit lainnya. Lihat saja orang yang lari maraton, kan enggak meninggal. Satu atau dua kasus ada yang meninggal, selalu ada penyebabnya," kata Dicky saat dihubungi di Jakarta, Jumat (17/2/2023).

Baca Juga

Sebelumnya, ramai di media sosial video seorang kurir yang meninggal saat mengantarkan paket. Diduga, kurir tersebut meninggal mendadak akibat kelelahan. Namun menurut Dicky, seseorang yang meninggal secara mendadak biasanya memiliki masalah kesehatan yang mempengaruhi kerja jantung, seperti hipertensi atau tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol.

"Hipertensi bikin jantung bengkak, cepat capek. Hipertensi sendiri mungkin enggak langsung bikin meninggal, tapi kalau enggak terkontrol dan pasiennya kelelahan, jantungnya harus kerja keras melawan hipertensinya, suatu saat jantungnya udah enggak sanggup," ujar Dicky yang merupakan Kepala Seksi Monitoring dan Evaluasi Pelayanan Medik Pusat Jantung Nasional RS Harapan Kita tersebut.

 

"Jadi yang membuat meninggal mendadak itu seberapa besar penyakit tersebut mempengaruhi jantung," tegasnya.

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah dr Dony Yugo dari rumah sakit yang sama menambahkan, gangguan irama jantung juga menjadi salah satu kondisi penyebab seseorang meninggal mendadak. "Gangguan irama jantung bisa bikin jantung berhenti, Istilahnya, jantung bisa berdenyut karena listrik. Kalau listriknya korslet, ya sudah, jantungnya berhenti. Apa yang menyebabkan listriknya korslet? Contohnya jantung koroner, serangan jantung, itu bisa bikin korslet listriknya atau gangguan irama," jelas Dony.

Untuk itu, baik Dicky maupun Dony, sama-sama menyarankan untuk rajin melakukan cek kesehatan, terlebih jika sudah mengetahui ada riwayat penyakit jantung. "Kalau memang punya sakit jantung, perlu pemeriksaan yang baik. Nanti dinilai apa yang mesti dilakukan supaya jantungnya lebih aman untuk bekerja, dan seberapa kuat. Jangan hanya minum obat, enggak bisa begitu," ujar Dicky.

"Nomor satu, intinya adalah medical check up. Usia di atas 30 tahun harus medical check up, Cek kolesterol kita berapa, tensinya, gulanya, harus selalu dicek. Kedua, gaya hidup sehat, setop merokok, makan bergizi, sama olahraga teratur 3-5 kali seminggu dan setiap olahraga minimal 30 menit," kata Dony menambahkan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement