Kamis 16 Feb 2023 21:31 WIB

Penemu Bangkai Kapal Titanic Kenang Ekspedisi Pencarian Bawah Laut 1985

Titanic ditemukan di kedalaman 3.780 meter pada 1 September 1985.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Pengunjung melihat benda-benda asli yang ditemukan dari kapal Titanic saat dipamerkan di Palace of Culture and Science, Warsawa, Polandia, pada 9 April 2016. Titanic karam di Samudra Atlantik Utara pada 15 April 1912 dan bangkai kapalnya baru ditemukan pada1 September 1985.
Foto:

Video ekspedisi sebagian besar menampilkan interior kapal yang berbintik-bintik yang diambil oleh kendaraan eksplorasi bawah air yang dioperasikan dari jarak jauh. Tayangan dirilis bersamaan dengan perilisan ulang film Titanic di bioskop pada 10 Februari 2023 sekaligus rangkaian 25 tahun perayaan film.

Kisah Titanic membuat orang terpesona hingga hari ini karena berbagai alasan. Selain fakta bahwa kapal laut terbesar di dunia itu diyakini tidak bakal tenggelam, sejumlah penumpang di dalamnya pun termasuk beberapa orang paling kaya dan terkenal di dunia.

Setelah kapal tenggelam, dunia mendengar kisah-kisah kepahlawanan dan keberanian yang luar biasa dari para awak dan penumpang. Sutradara film Titanic, James Cameron, mengapresiasi WHOI yang merilis ekspedisi rekaman ke reruntuhan Titanic.

Itu dinilainya membantu menceritakan bagian penting dari sebuah kisah yang menjangkau masyarakat dunia lintas generasi.

"Lebih dari satu abad setelah hilangnya Titanic, kisah manusia yang ada dalam kapal besar itu terus bergema," tutur Cameron.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement