Selasa 14 Feb 2023 19:50 WIB

Dampak Minum Kopi Berkafein Sebelum Jelajahi Mal: Orang Jadi Belanja Impulsif

Minum kopi sebelum belanja dapat memicu orang belanja impulsif.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Reiny Dwinanda
Pengunjung beraktivitas di area Bandung Indah Plaza (BIP), Jalan Merdeka, Kota Bandung, Jumat (8/7/2022). Minum kopi berkafein sebelum berbelanja membuat orang cenderung membeli lebih banyak barang yang tidak penting.
Foto:

Oleh karena itu, tim membuat percobaan keempat di laboratorium dan mendapat  hasil yang sama. Kali ini mengenai belanja daring.

Mereka membagi kelompok studi dari 200 siswa sekolah bisnis antara peserta yang mengonsumsi kopi berkafein dan tanpa kafein. Para peserta diminta untuk memilih barang mana yang akan mereka beli dari daftar 66 pilihan.

Mereka yang mengonsumsi kafein memilih lebih banyak barang yang dianggap sebagai pembelian impulsif, seperti alat pijat. Sedangkan yang lain memilih barang yang lebih praktis, seperti notebook.

"Walaupun asupan kafein dalam jumlah sedang dapat memiliki manfaat kesehatan yang positif, tetapi ada konsekuensi yang tidak diinginkan dari kafein saat berbelanja. Artinya, konsumen yang berusaha mengendalikan pengeluaran impulsif sebaiknya menghindari konsumsi minuman berkafein sebelum berbelanja," ujar Biswas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement