Selasa 14 Feb 2023 18:42 WIB

Bahaya UV A Matahari tidak Langsung Terasa, Jangan Lupa Pakai Sunscreen!

Paparan UV A terus-menerus tanpa perlindungan bisa sebabkan masalah pada kulit.

Rep: Indira Rezkisari/ Red: Reiny Dwinanda
Krim tabir surya (ilustrasi). Gunakan tabir surya setiap hari. Penggunaan skin care atau kosmetik yang mengandung SPF saja tidak cukup.
Foto:

Untuk melindungi kulit dari sinar matahari, dr Prihianti menyarankan penggunaan tabir surya. Penggunaan skin care atau kosmetik yang mengandung SPF saja tidak cukup.

"Kan ada bedak, serum yang disebut mengandung SPF, tapi itu ibaratnya tambahan saja. Perlindungan kulit yang utama tetap harus dengan tabir surya," kata dia.

Dokter Prihianti menyarankan memilih tabir surya dengan spektrum luas. Tabir surya perlu mengandung SPF minimal 30 dan faktor PA dengan minimal tiga tanda plus atau +++.

SPF melindungi kulit dari sinar UV B. Sedangkan tabir surya dengan PA plus plus melindungi dari paparan sinar UV A.

Dokter Prihianti menjelaskan pria dan wanita sama-sama membutuhkan perlindungan dari sinar matahari. Di usia yang sama, seorang pria dan wanita yang sama-sama tidak pernah menggunakan tabir surya, biasanya kulit wanita akan kelihatan lebih cepat menua dibanding pria.

"Ini karena faktor struktur kolagen dan elastin pria yang lebih tebal. Tapi sekali lagi, pria dan wanita sama-sama butuh melindungi wajahnya dari paparan sinar matahari," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement