Senin 13 Feb 2023 16:00 WIB

Sakit Maag Seperti Ardhito Pramono, Mengapa Orang Bisa Sampai Pingsan?

Ardhito Pramono jatuh pingsan di panggung akibat sakit maag, Sabtu (11/2/2023).

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Musisi Ardhito Pramono dalam peluncuran album Wijayakusuma di Jakarta, Rabu (13/7/2022). Gara-gara serangan maag, Ardhito pingsan di atas panggung di Medan, Sumatra Utara, Sabtu (11/2/2023).
Foto:

Prof Ari menjelaskan, dalam mengatasi sakit maag, pengendalian diri sangat penting. Orang-orang yang sudah memiliki sakit maag kronis sebaiknya sudah membekali diri dengan obat.

"Dengan begitu, ketika kebetulan mengalami serangan atau merasa sudah tidak nyaman, dia bisa segera minum obat," kata pakar kesehatan dan akademisi ini.

photo
Beda maag dan GERD. - (Republika)

Dalam pengobatan maag, lanjut Prof Ari, dikenal istilah on demand treatment alias pengobatan sesuai kebutuhan. Ini berarti penderita maag hanya mengonsumsi obat pada waktu-waktu penyakitnya kambuh dengan syarat telah mendapatkan pengobatan selama lebih dari dua bulan.

"Jadi harus melewati pengobatan selama dua bulan dulu, setelah itu dia bisa on demand treatment," ujar Prof Ari.

Pada Ahad (12/2/20223), Ardhito memberikan penjelasan mengenai kondisinya. Mengaku telah membaik, penyanyi yang juga aktor Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini tersebut meminta maaf karena telah membuat khawatir penggemarnya.

"Ternyata selama ini saya mengidap penyakit maag akut yang membuat insiden yang kurang mengenakan semalam. Jam makan berantakan, kurang tidur, dan istirahat. Sekali lagi tolong jaga kesehatan," kata Ardhito.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement