Senin 13 Feb 2023 14:25 WIB

Rutin Lakukan Ini, Tubuh Dijamin Lebih Segar Meski Usia Sudah 60

Ada kebiasaan yang mesti dilakukan agar tetap segar di usia 60 tahun.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Kebiasaan yang bisa membuat tubuh terasa lebih segar meski usia sudah 60 tahun. (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
Kebiasaan yang bisa membuat tubuh terasa lebih segar meski usia sudah 60 tahun. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dokter berbagi sejumlah kebiasaan yang bisa dilakukan bagi Anda yang berusia 60 tahun. Cara-cara ini akan membantu Anda menjalani kehidupan terbaik.

Direktur Konten & Pendidikan Medis di Ro, Mike Bohl, memberikan rekomendasi kebiasaan untuk dilakukan pada usia 60 tahun agar merasa seperti versi yang lebih segar dan "muda". Berikut penjelasannya: 

Baca Juga

1. Olahraga keseimbangan dan peregangan

Bohl sangat menganjurkan untuk melakukan peregangan dan keseimbangan. Salah satu kunci untuk merasa muda adalah melakukan apa yang Anda bisa untuk memastikan tubuh dapat bergerak seperti biasanya.

“Seiring bertambahnya usia, persendian bisa menjadi lebih kaku, dan (olahraga dan peregangan) juga bisa menjadi lebih kuat untuk menjaga keseimbanganmu,” kata Bohl dilansir Eat This, Not That, Ahad (12/2/2023).

Cara untuk mencegah hal ini adalah melakukan peregangan statis dan latihan keseimbangan setiap hari yang membantu Anda tetap fleksibel. Salah satu cara mudah untuk mempertahankan kelenturan adalah berdiri dengan satu kaki beberapa kali setiap hari. Peregangan sederhana 10 menit setiap pagi sangat membantu.

2. Latihan rutin kardio yang sehat

Aktivitas fisik adalah kunci untuk tetap bugar. Kardio benar-benar kuncinya. Kardio juga merupakan komponen yang menyenangkan untuk dilakukan sepanjang pekan.

Apakah Anda suka berjalan-jalan di lingkungan sekitar, melakukan treadmill sambil mendengarkan podcast, atau berenang beberapa putaran? Anda dapat menikmati aktivitas tersebut sendiri atau bersama teman sambil menyehatkan jantung dan kesehatan secara keseluruhan.

3. Tambahkan latihan daya tahan atau kekuatan ke rutinitas

Latihan daya tahan atau kekuatan adalah komponen penting dari rutinitas olahraga. Saat memasuki usia senja, Anda kehilangan otot tanpa lemak.

Kehilangan otot dapat berdampak negatif pada banyak hal seiring bertambahnya usia, termasuk kemampuan melakukan tugas sehari-hari. Latihan kekuatan (ditambah dengan makan cukup protein setiap hari) dapat membantu memperlambat dan mencegah hilangnya massa otot tanpa lemak.

4. Tambahkan buah atau sayuran ke dalam pola makan setiap pekan

Pola makan yang mendukung kesehatan jantung adalah pilihan terbaik. Pola makan harus terdiri atas banyak protein tanpa lemak, lemak sehat, buah-buahan, dan sayuran. Setiap pekan, pilih buah atau sayuran baru untuk dicoba.

5. Temukan mocktail baru

Salah satu kelemahan penuaan adalah waktu ekstra yang dibutuhkan tubuh untuk memproses alkohol. Minum alkohol dapat membuat kondisi pagi yang kurang menyenangkan. Meskipun konsumsi alkohol dalam jumlah sedang masih bisa menyehatkan, tetapi ada banyak perusahaan mocktail baru yang menawarkan versi bebas alkohol dari minuman favorit.

Rekomendasi rutinitas yang dapat dilakukan saat berusia 60-an tahun adalah mendapatkan tidur cukup nyenyak, melakukan rutinitas perawatan kulit yang efektif, lebih sering bersosialisasi, melakukan permainan atau aktivitas yang menantang otak, dan membersihkan rumah atau menjaga rumah tetap rapi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement