Ahad 12 Feb 2023 15:02 WIB

Duduk Lama Bisa Bikin Bokong Jadi Rata? Ini Faktanya

Pakar medis menjelaskan, ada beberapa kesalahpahaman mengenai bokong rata.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Qommarria Rostanti
Duduk terlalu lama. Pakar medis mengatakan, duduk terlalu lama atau gaya hidup kurang gerak dapat menyebabkan bokong menjadi rata. (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com.
Duduk terlalu lama. Pakar medis mengatakan, duduk terlalu lama atau gaya hidup kurang gerak dapat menyebabkan bokong menjadi rata. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tahukah Anda, duduk terlalu lama dan sering bisa membuat bokong menjadi rata? Kondisi ini disebut dengan bokong rata atau dormant butt syndrome.

Pakar medis, direktur konten, dan pendidikan medis di Ro, Mike Bohl, mengatakan ada beberapa kesalahpahaman mengenai bokong rata. “Sebenarnya, bukan berat bokong Anda yang memengaruhi bentuk, tetapi dari ketidakaktifan fisik Anda secara keseluruhan,” kata Bohl, dilansir Eat This Not That, Ahad (12/2/2023).

Baca Juga

Bohl mengatakan, menjalani gaya hidup yang tidak banyak bergerak menjadi penyebab bokong rata. Sebab, pertama, otot gluteal tidak digunakan sehingga mereka mulai mengalami atrofi otot dan menjadi lebih kecil.

Kedua, dengan tetap berada dalam posisi duduk saat paha berada pada sudut yang tepat dengan tubuh, fleksor pinggul, yaitu otot-otot yang biasanya membantu menarik kaki ke depan tegang. Hal tersebut menyebabkan ketidakseimbangan otot yang dapat memengaruhi postur tubuh dan membuat otot tidak bekerja seefisien mungkin.

"Jika dikombinasikan dengan otot gluteal yang lebih kecil, dapat memberi Anda penampilan bokong rata,” ujarnya.

Jika Anda kurang bergerak dan ingin memiliki bentuk bokong yang bagus, yuk simak langkah-langkahnya:

1. Tambahkan lebih banyak aktivitas sepanjang hari

Salah satu langkah untuk menurunkan risiko bokong rata adalah memilih meja berdiri. Anda dapat membeli treadmill di bawah meja sehingga dapat memperoleh manfaat dari beberapa langkah saat Anda melakukannya. Selain itu, istirahatlah tepat waktu.

“Bangun dan berjalan-jalan sekali atau dua kali dalam satu jam. Sebagai bonus tambahan, istirahat sejenak. Ini dapat membantu menjernihkan pikiran dan meningkatkan produktivitas secara keseluruhan,” kata dia.

2. Regangkan fleksor pinggul

Selain itu, Bohl juga menyarankan untuk meregangkan fleksor pinggul. Untuk melakukan peregangan fleksor pinggul berlutut yang benar, bentuklah posisi berlutut. Kemudian, bawa satu kaki ke belakang. Lutut harus berada di lantai saat Anda menjaga tubuh tetap lurus. Anda dapat merasakan regangan yang kuat di area kaki depan.

3. Perkuat glutes

Langkah terakhir adalah memperkuat glutes. Menurut Bohl, dua latihan paling populer untuk memperkuat glutes adalah lunges dan squat. Memanjat anak tangga tambahan atau melompat di mesin pemanjat tangga adalah cara terbaik untuk membangun gerakan peningkatan ekstra setiap hari dan mengencangkan otot bokong.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement