Rabu 08 Feb 2023 13:07 WIB

Artis Dalam dan Luar Negeri yang Memutuskan Childfree, Alasannya Beragam

Miley Cyrus tidak mau punya anak sampai masalah perubahan iklim teratasi.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Penyanyi Miley Cyrus. Ada beberapa artis yang memutuskan untuk childfree, salah satunya Miley Cyrus. (ilustrasi)
Foto: EPA
Penyanyi Miley Cyrus. Ada beberapa artis yang memutuskan untuk childfree, salah satunya Miley Cyrus. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Istilah childfree beberapa hari belakangan ini memenuhi lini masa berbagai platform media sosial (medsos). Hal ini bermula dari komentar influencer Gita Savitri Devi (Gitasav) yang menggaungkan keputusan childfree yang dianutnya. Dia dan sang suami memutuskan enggan memiliki anak.

Bukan hanya Gita yang menganut paham childfree. Beberapa figur publik lain juga memiliki pemikiran serupa. Ada beragam alasan mengapa mereka memutuskan hal itu.

Baca Juga

Berikut artis yang memutuskan untuk childfree:

1. Cinta Laura

photo
Aktris dan penyanyi Cinta Laura Kiehl. - (Tangkapan Layar)

 

 

Dalam wawancara di channel Youtube The Hermansyah A6, Cinta pernah mengatakan, dunia saat ini sudah kelebihan populasi. "Kenapa harus malahirkan satu anak di saat ada anak yang enggak punya siapapun (yatim piatu-Red) yang menjaga mereka, dan banyak anak yang telantar. Aku mau bantu mereka, kenapa aku harus melahirkan?," kata dia.

Meski begitu, Cinta tidak menutup kemungkinan suatu hari nanti akan membentuk keluarga kecil bersama suami dan anak. "Aku sangat terbuka dengan kemungkinan punya keluarga, tapi enggak sekarang," ujarnya.

2. Chef Juna

photo
Chef Juna. - (antara)

 

Chef Juna enggan menerapkan kata "harus" di dalam hidupnya, termasuk urusan menikah dan punya anak. "Menikah tidak harus, punya anak juga tidak harus," kata dia dalam video yang ditayangkan di channel Youtube Puella Id. Dia ingin semua yang terjadi dalam hidupnya berjalan natural, baik itu untuk pernikahan maupun memiliki buah hati. 

Dalam wawancara tersebut, Chef Juna mengatakan bahwa dirinya berasal keluarga broken home. Ayahnya meninggalkan keluarga saat Chef Juna berusia enam tahun. Sejak saat itu, sang ibu harus bekerja ekstra keras untuk menghidupi Juna dan kakaknya sehingga jarang ada di rumah.

Menurut chef Juna, orang tua bertanggung memenuhi kebutuhan anak. Bukan cuma dari sisi materi tapi juga emosional, dan perlu memberi perlindungan bagi anak. Meski begitu, dia menegaskan, hal tersebut bukan menjadi penyebab dirinya memutuskan "tidak harus punya anak".

 

3. Miley Cyrus

photo
Miley Cyrus - (EPA)

 

Miley Cyrus pernah mengungkapkan alasannya memutuskan childfree lantaran takut dengan kondisi dunia saat ini. Sejak kebakaran hebat yang menghanguskan rumahnya di Malibu pada 2018, Cyrus merasa jika anak yang dilahirkannya akan terancam bahaya.

“Kita diberikan sebuah (planet), dan saya menolak untuk menyerahkannya kepada anak saya. Sampai saya merasa anak saya akan hidup di Bumi dengan ikan di air, saya tidak akan membawa orang lain untuk menghadapinya,” kata dia dalam wawancara untuk cover Majalah Elle pada 2019.

Dengan kata lain, sampai masalah perubahan iklim teratasi, dia tidak berencana memiliki anak. “Kami (beberapa orang yang sepemikiran dengannya) tidak ingin bereproduksi, karena tahu bahwa Bumi tidak dapat mengatasinya,” kata dia.

4. Ashley Judd

photo
Aktris AS, Ashley Judd. - (Reuters)

 

Ashley Judd memilih tidak melahirkan anak, namun dia mengasuh ratusan anak yatim piatu yang tidak mampu. Aktris yang berperan sebagai Natalie Prior dalam film Divergent ini juga merupakan aktivis politik yang viral pada 2017 dengan pidatonya "Nasty Woman" yang menyerukan misogini dan rasisme setelah pelantikan Donald Trump.

Judd memutuskan childfree lantaran merasa tidak mau egois membesarkan anak dengan bahagia, sementara di luar sana banyak anak kelaparan. “Tidak masuk akal untuk tetap bereproduksi, sementara banyak anak yang mati kelaparan di negara-negara miskin,” kata dia dalam sebuah wawancara kepada Sunday Mail pada 2006.

Aktris itu menjelaskan lebih lanjut pendiriannya tentang anak-anak dalam memoarnya All That Is Bitter and Sweet pada 2011.

"Saya pikir itu egois untuk mencurahkan sumber daya yang kita punya untuk membuat ‘bayi sendiri’, ketika sumber daya dan energi itu tidak hanya dapat membantu anak-anak yang sudah ada di sini," kata dia.

Dia memilih tidak memiliki anak karena yakin anak-anak yatim piatu yang sudah ada di Bumi adalah anaknya juga. "Ada begitu banyak anak yatim piatu yang telantar dan membutuhkan cinta, perhatian, dan waktu,” ujar Judd.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement