Sabtu 04 Feb 2023 20:28 WIB

Kutu Busuk Ada di Rumah Anda Jika Ada 7 Tanda Berikut Ini

Apakah Anda mencium bau apek yang tidak biasa di kamar tidur?

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Qommarria Rostanti
Tanda-tanda kehadiran kutu busuk di rumah. (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
Tanda-tanda kehadiran kutu busuk di rumah. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kutu busuk merupakan salah satu jenis serangga yang perlu diwaspadai. Ukurannya yang kecil dan sulit dikenali membuat Anda sulit menghentikannya sehingga dia bisa dengan cepat berkembang biak dan memenuhi kasur.

Ada beberapa tanda yang bisa dikenali jika kutu busuk sudah menyebar di rumah:

1. Bau aneh      

Baca Juga

Jika mencium bau apek yang tidak biasa di kamar tidur, itu bisa menjadi tanda adanya serangga. Para ahli mengatakan, ketika kutu busuk merasa terancam, mereka akan mengeluarkan feromon yaitu "alarm" yang memiliki bau seperti raspberry, ketumbar, atau almond. Dalam kasus kutu busuk yang parah, bau ini bisa bercampur dengan bau kutu mati yang akan menghasil bau yang tidak sedap.

2. Gigitan

 

Salah satu hal yang paling tidak menyenangkan tentang kutu busuk adalah gigitan mereka menghasilkan bekas di kulit. Menurut para ahli, jika Anda bangun dengan gigitan merah dan gatal, ini bisa menjadi tanda kutu busuk karena mereka biasanya memakan darah pada malam hari.

“Biasanya, gigitan akan muncul di lengan, tangan, dan kaki dan akan muncul dalam kelompok kecil dari beberapa gigitan, tetapi bisa juga muncul dalam satu gigitan,” kata mereka.

3. Bercak darah

Setelah serangga menggigit, ada kemungkinan Anda mulai melihat darah di seprai. “Jika Anda melihat ada bercak kecil darah di seprai atau pakaian Anda dan tidak ada penyebab darah yang terlihat, kemungkinan ini berasal dari kutu busuk,” kata para ahli.

4. Noda cokelat tua

Selain meninggalkan bercak darah, serangga ini juga bisa meninggalkan kotoran yang berukuran kecil dan berwarna coklat tua. Anda mungkin menemukan ini di seprai, kepala tempat tidur, atau dinding Anda. Terkadang, noda ini bisa meninggalkan bau aneh.

5. Telur

Para ahli menyebut telur kutu busuk bisa sulit ditemukan karena panjangnya hanya sekitar satu millimeter. Namun, mereka dapat ditemukan dengan memperhatikan apa pun yang terlihat seperti butiran beras di tempat tidur.

"Mereka dapat dengan longgar menempel pada berbagai jenis permukaan, biasanya lapisan dan sambungan kasur," kata dia.

6. Penutup cangkang

Kutu busuk dapat melepaskan diri berkali-kali selama masa hidup mereka dan meninggalkan potongan-potongan cangkang. "Anda dapat mengenalinya dari penampilan kuning dan tembus pandang di jahitan, lipatan, dan celah kasur, atau bahkan area lain seperti retakan di dinding dan furnitur," kata para ahli.

7. Kutu busuk hidup

Kutu busuk hidup suka bersembunyi sehingga sulit dikenali. Namun, Anda bisa mengenalinya sekilas. Kutu kasur dewasa memiliki panjang sekitar empat hingga lima milimeter dengan nimfa mulai dari hanya satu milimeter.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement