Kamis 14 Dec 2023 00:17 WIB

Jangan Oleskan Pasta Gigi di Bekas Gigitan Kutu Busuk

Gigitan kutu busuk bisa memicu rasa gatal.

Kutu busuk. Wabah kutu busuk menyerang Prancis, Inggris, Hong Kong, Korea Selatan, dan Singapura.
Foto: AP
Kutu busuk. Wabah kutu busuk menyerang Prancis, Inggris, Hong Kong, Korea Selatan, dan Singapura.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gigitan kutu busuk dapat menimbulkan rasa gatal. Dokter menyarankan agar tidak menggunakan pasta gigi di permukaan kulit untuk meredakan gatal.

"Sebaiknya janga, karena kita nggak tahu kulit kita sensitif atau tidak. Mengoleskan pasta gigi malah bisa menimbulkan iritasi pada beberapa orang," ujar Kepala Departemen Dermatologi dan Venereologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana I Gusti Nyoman Darmaputra.

Baca Juga

Darma menjelaskan, ketika seseorang mengoleskan pasta gigi ke permukaan kulit bekas gigitan kutu busuk, rasa gatal terasa berkurang. Padahal, itu terjadi karena iritasi.

"Jadi terasa panas begitu, akhirnya terasa hilang gatalnya, tetapi malah menimbulkan masalah yang berikutnya," kata Darma.

 

Masalah baru bisa terjadi jika kulit tersebut dioleskan pasta gigi dalam keadaan terluka akibat gigitan kutu busuk. Hal tersebut dapat mengakibatkan infeksi lainnya apabila diberikan bahan-bahan yang tidak steril.

Oleh karena itu, Darma menjelaskan langkah-langkah pertolongan pertama yang dapat dilakukan apabila seseorang tergigit oleh kutu busuk. Pertama, kalau memang ada gatal atau tanda-tanda gigitan, bersihkan.

"Cukup dengan air dan sabun," ujar Darma.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement