Sabtu 04 Feb 2023 03:10 WIB

Begini Cara Benar Membersihkan Sisir, Berapa Kali Sepekan Sebaiknya?

Sisir perlu dibersihkan karena jangan sampai kotoran berpindah kembali ke rambut.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Cara terbaik membersihkan sisir dan waktu yang tepat membersihkannya. (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
Cara terbaik membersihkan sisir dan waktu yang tepat membersihkannya. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selain mengurai rambut kusut, sisir berfungsi membantu menghilangkan serat dan debu, serta serpihan ketombe dari kulit kepala dan helai rambut. Dalam proses tersebut, sisir bersentuhan dengan semua jenis minyak di rambut. Jadi, sisir sesekali perlu dibersihkan karena jangan sampai kotoran berpindah kembali ke rambut.

Jika menyisir rambut, Anda tahu bahwa tarikan sederhana tidak selalu memberikan hasil terbaik. Namun, beberapa trik dapat membuat keseluruhan proses menjadi jauh lebih menyeluruh dan memuaskan. Pertama, gunakan sisir untuk mengangkat rambut yang terakumulasi di sisir lain.

Baca Juga

Lakukan perlahan di setiap sisi. Jika semuanya benar-benar tersangkut, Anda dapat menggunakan gunting untuk membuat beberapa potongan kecil pada rambut yang kusut. 

Setelah sisir bebas dari rambut berlebih, perhatikan konstruksi sisir sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya. Konsultan untuk Hair Loft Studio, Lizzie Parmenter membagikan langkah-langkah untuk membersihkan sisir.

Berikut cara terbaik untuk membersihkan sisir:

1. Tiup

Pegang sisir pada gagangnya dan tiup ujung sikat ke dalam semangkuk air hangat. Untuk daya pembersih ekstra, Anda bisa menambahkan satu sendok teh soda kue atau cuka putih ke dalam campuran.

2. Gosok

Oleskan sedikit sampo ke sikat gigi, lalu gosok sisir dan pangkal sisir dengan sikat gigi itu.

3. Bilas

Bilas sikat dengan mengibaskannya ke dalam mangkuk berisi air bersih.

4. Keringkan

Biarkan sikat mengering dengan sendirinya, pastikan sisir menghadap ke bawah.

Jika sisir terbuat dari kayu atau memiliki bantalan, metode celup dan gosok dapat merusaknya. Sebagai gantinya, ikuti langkah-langkah yang dimodifikasi ini:

1. Tiup

Pegang sikat pada gagangnya dan tiup hanya sisir dalam semangkuk air hangat. Lanjutkan dan tambahkan soda kue atau cuka putih, jika Anda mau.

2. Gosok

Oleskan sedikit sampo ke sisir, lalu gosok sisirnya. Berhati-hatilah untuk menghindari bantalan atau pegangan kayu.

3. Bilas

Bilas sikat dengan mengibaskan bulunya ke dalam mangkuk berisi air bersih.

4. Lap

Gunakan lap basah atau kain mikrofiber, seka padding (dengan kemampuan terbaik Anda dan bagian luar sikat. Bergantian, Anda dapat menyemprot area ini dengan sedikit alkohol gosok sebelum menyeka hingga bersih. Ini membantu membersihkan.

5. Kering

Biarkan sikat mengering dengan sendirinya, sisir menghadap ke bawah.

Seberapa sering Anda harus membersihkan sisir? Tidak ada aturan yang mengatakan bahwa Anda harus menghilangkan rambut berlebih dari sisir setiap hari, walaupun beberapa orang mungkin menyukai melakukannya. Bersihkan sisir rambut sekitar sekali sepekan atau hilangkan rambut yang menempel dan menyeka residu dari hairspray, krim, gel, atau serum.

Jika tidak menggunakan banyak produk, Anda mungkin dapat melakukan peregangan ini dengan menghilangkan penumpukan rambut secara teratur setiap beberapa hari, dan membersihkan sikat secara menyeluruh sebulan sekali, atau setiap tiga hingga empat pekan. Jika Anda melihat kotoran yang terlihat pada gerigi sisir, maka sudah waktunya untuk membersihkannya.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement