Kamis 02 Feb 2023 11:13 WIB

Empat Makanan dan Minuman Terbaik untuk Orang yang Sering Susah Tidur

Ada makanan-minuman tertentu yang dapat membantu orang tidur lebih berkualitas.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Susah tidur (Ilustrasi). Ada makanan dan minuman tertentu yang bagus dikonsumsi di malam hari untuk membantu mendapatkan tidur berkualitas.
Foto: Republika/Wihdan
Susah tidur (Ilustrasi). Ada makanan dan minuman tertentu yang bagus dikonsumsi di malam hari untuk membantu mendapatkan tidur berkualitas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bukan cuma penyakit, stres, dan kecemasan yang dapat membuat orang sulit tidur di malam hari. Menurut pakar, diet atau pola makan juga bisa menjadi salah satu faktor yang berkontribusi.

Michelle Geraghty-Corns selaku pakar diet mengatakan bahwa pola makan bisa menjadi bagian dari teka-teki yang hilang untuk membantu Anda mendapatkan tidur berkualitas. Dia menjelaskan ada empat makanan dan minuman yang dapat membantu tidur nyenyak, sebagai berikut:

Baca Juga

1. Pisang

Meskipun banyak orang cenderung menikmatinya saat sarapan, pisang sebenarnya bermanfaat untuk menjadi camilan sebelum tidur. Apa yang membuatnya begitu?

 

"Pisang adalah salah satu makanan terbaik untuk tidur karena mengandung magnesium tingkat tinggi yang membantu mengendurkan otot dan menenangkan tubuh," jelas Geraghty-Corns, seperti dilansir laman Express, Kamis (2/2/2023).

Menggabungkan irisan pisang dengan selai kacang alami adalah cara yang bagus untuk mengatur tekanan darah, mengendurkan otot dan saraf, serta meningkatkan kualitas tidur.

2. Ikan berlemak

Penelitian menunjukkan ikan berlemak dapat membantu memberikan tidur malam yang lebih nyenyak. Satu studi, yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Sleep Medicine pada tahun 2014, menemukan orang yang makan salmon tiga kali sepekan selama beberapa bulan mengalami tidur dan fungsi siang hari yang lebih baik.

Geraghty-Corns menyebut ikan berlemak kaya akan vitamin D dan asam lemak omega-3 yang membantu mengatur serotonin dalam tubuh. Di musim dingin, ketika kadar vitamin D cenderung lebih rendah, penting untuk mengonsumsi ikan guna menunjang pola tidur Anda.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kenari, almond, dan pistachio mengandung mineral penting seperti magnesium dan seng yang penting untuk sejumlah fungsi tubuh. Walaupn orang umumnya mengemil kacang sepanjang hari, ada baiknya mempertimbangkan untuk menyimpannya di pengujung hari untuk membantu tidur lebih pulas.

"Penelitian sebelumnya menunjukkan magnesium dapat mengurangi tingkat peradangan dan kortisol, meningkatkan kualitas tidur bagi mereka yang menderita insomnia," kata Geraghty-Corns.

4. Jus ceri

Meskipun mengejutkan, jus ceri asam adalah minuman yang sangat baik untuk dicoba sebelum tidur. Geraghty-Corns menyarankan untuk mengasupnya jika Anda sulit tidur atau tetap tertidur di malam hari.

"Jus ini mengandung nutrisi termasuk magnesium, fosfor, dan potasium, serta melatonin dalam jumlah tinggi. Itu dikenal dapat meningkatkan rasa kantuk, dengan melatonin membantu mengatur ritme sirkadian," jelas Geraghty-Corns.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement