Selasa 31 Jan 2023 14:01 WIB

Kisah Judy Perkins, Perempuan Pertama Sembuh dari Kanker Payudara Stadium 4

Seperti apa pengobatan yang dijalani Judy Perkins untuk sembuh dari kankernya?

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Mamografi (Ilustrasi). Selain faktor genetik atau keturunan, faktor hormonal serta gaya hidup tidak sehat bisa memicu kanker payudara.
Foto:

Sel-sel ini kemudian diperbanyak di laboratorium, memungkinkan para ahli untuk menyuntiknya dengan 80 miliar sel di bulan Desember. Selain itu, Perkins juga diberi pembrolizumab, yaitu obat imunoterapi yang mengambil rem biologis dari sel kekebalan, memungkinkan itu menyerang kanker dengan lebih agresif.

Hanya dalam beberapa hari, tumor Perkins menyusut hingga dia bisa berhenti minum obat penghilang rasa sakitnya. Hanya lima bulan setelah perawatan ini, hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa Perkins akhirnya bebas dari kanker. Judy pun menggambarkan kesembuhannya sebagai hal "ajaib".

Satu dekade setelah perawatannya, Perkins dapat menyaksikan putra-putranya tumbuh dewasa sambil menjalani kehidupan yang aktif. Dia menyebut perawatan yang diterimanya telah digunakan selama lebih dari satu dekade sampai sekarang.

Hampir setiap orang yang telah memiliki respons lengkap bisa bebas kanker. “Saya tidak membuang-buang waktu untuk mengkhawatirkan apakah kanker saya akan kembali. Saya merasa sembuh. Saya merasa luar biasa," ujarnya, dikutip laman Express, Selasa (31/1/2023).

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Apakah internet dan teknologi digital membantu Kamu dalam menjalankan bisnis UMKM?

  • Ya, Sangat Membantu.
  • Ya, Cukup Membantu
  • Tidak
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement