Selasa 31 Jan 2023 08:10 WIB

Studi: Petugas Kesehatan Alami Tekanan Mental Lebih Tinggi Setelah Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 tidak saja berdampak pada ekonomi.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Seorang tenaga medis meninggalkan bagian kamar mayat sebuah rumah sakit sementara seorang lainnya baru saja memasuki premis di Shanghai, China, 13 Januari 2023. Pandemi Covid-19 juga memengaruhi kesehatan fisik maupun mental tenaga kesehatan.
Foto:

Ditemukan bahwa orang-orang dari Hong Kong memiliki ketakutan yang lebih besar terhadap Covid-19. Studi yang dipublikasikan di Frontiers in Medicine ini menemukan bahwa dalam hal tekanan psikologis, pasien rawat jalan dan petugas kesehatan Taiwan berada di peringkat yang lebih tinggi dibandingkan dengan masyarakat di Hong Kong secara umum.

Namun, petugas kesehatan Taiwan menunjukkan rasa takut yang lebih rendah terhadap Covid-19 dibandingkan orang-orang dari dua kelompok lainnya. "Kami membandingkan tekanan psikologis dan perilaku perlindungan antara 192 pasien rawat jalan Taiwan, 500 petugas kesehatan Taiwan, dan 1.067 orang di Hong Kong," kata Dr Chung-Ying Lin, penulis utama penelitian ini, seperti dilansir India Today, Selasa (31/1/2023).

Dr Lin menyebut, hubungan terbalik terlihat sehubungan dengan kepatuhan terhadap protokol kesehatan yang akan mengurangi kemungkinan infeksi Covid-19. Peserta dari Hong Kong lebih patuh terhadap protokol kesehatan dibandingkan pasien rawat jalan Taiwan.

Penelitian ini dilakukan sebagai bagian dari proyek yang berkontribusi pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Asia.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement