Rabu 25 Jan 2023 14:50 WIB

Anak Suka Pakai Ponsel Orang Tua tanpa Izin? Begini Cara Mengatasinya

Anak memerlukan batasan soal penggunaan ponsel.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Mendampingi anak menggunakan ponsel (ilustrasi). Bicarakan dengan anak apa yang boleh dan tidak boleh diakses. Tetapkan kata sandi di ponsel sehingga anak tidak dapat menggunakannya saat orang tua tidak ada, atau membuka aplikasi tertentu tanpa izin.
Foto:

Dengan demikian, anak akan berhenti menggunakan ponsel untuk mencari hiburan. Ayah dan ibu juga dapat mendorong anak untuk menekuni hobi seperti melakukan eksperimen sains sederhana, mendengarkan musik, membaca, menulis kreatif, membuat karya seni, atau melukis.

Penulis dan blogger Vidya Sury menyebut, trik paling efektif adalah menjadi teladan yang baik. Dia memberi contoh bahwa di keluarganya, ada peraturan ketat soal alokasi waktu yang harus diikuti oleh semua anggota keluarga.

Keluarga harus menghabiskan waktu bersama-sama setiap hari, entah dengan berjalan-jalan, bermain, atau di waktu makan. Setelah makan malam, jadwal keluarga adalah membaca buku bersama, yang disebut Sury membantu membangun kosa kata serta mengembangkan keterampilan membaca dan menulis.

"Menjadi aktif secara fisik melalui bermain adalah cara lain yang efektif untuk meminimalkan waktu smartphone untuk anak-anak," kata Sury.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement