Senin 23 Jan 2023 20:01 WIB

Barang yang Harus Dibawa Ketika Bepergian untuk Usia 50-an

Seiring bertambahnya usia, tubuh orang mungkin menjadi lebih sensitif.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Barang yang harus dibawa saat bepergian untuk orang usia 50 tahun. (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
Barang yang harus dibawa saat bepergian untuk orang usia 50 tahun. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bepergian bisa menjadi pengalaman yang luar biasa sekaligus membuat stres. Utamanya, bagi mereka yang berusia di atas 50 tahun.

Penulis perjalanan dan pencipta Thailand Travel Diaries, Liam Lee, mengatakan, seiring bertambahnya usia, tubuh orang mungkin menjadi lebih sensitif. Hal itu baik terhadap perubahan suhu, ketinggian, dan zona waktu.

Baca Juga

“Bahkan kita mungkin memerlukan obat tambahan dan item perawatan pribadi,” kata dia, seperti dikutip dari Best Life, Senin (23/1/2023).

Ada beberapa barang bawaan yang direkomendasikan bagi orang berusia 50 tahun ke atas:

 

1. Tabir surya

"Jangan lupa untuk membawa tabir surya dan kacamata hitam favorit Anda, serta topi lebar yang akan melindungi dari teriknya sinar matahari," kata penjelajah dunia dan CEO Jettly, Justin Crabbe.

Beberapa ahli berpendapat, Anda harus mengoleskan tabir surya sebelum penerbangan. Kebanyakan jendela pesawat memblokir sinar UVB tetapi tidak semua sinar UVA.

"Sinar matahari jauh lebih berbahaya di tingkat penerbangan, dan kita semua harus memakai krim matahari saat terbang," kata Enrizza Factor, dokter kulit bersertifikat di My Vitiligo Team.

2. Obat-obatan dan salinan resep

Pastikan untuk membawa obat yang cukup untuk seluruh perjalanan, serta salinan resep jika Anda perlu mendapatkannya saat bepergian.

3. Persediaan pertolongan pertama

Meskipun kotak P3K bawaan Anda tidak harus rumit, tapi setidaknya bisa membuat lebih nyaman perjalanan. Nyeri bisa menyerang kapan saja, jadi penting untuk menyiapkan beberapa opsi pereda nyeri di tas. Kemasi beberapa ibuprofen, acetaminophen, dan obat bebas lainnya yang dapat membantu mengatasi rasa sakit dan nyeri yang mungkin dialami selama perjalanan.

4. Makanan

Ada saat-saat di mana camilan sehat dan hidrasi tidak mudah ditemukan selama perjalanan. Contohnya, saat terjebak kemacetan dalam perjalanan ke hotel, atau bahkan ketika mengantre untuk naik pesawat dan merasakan energi Anda mulai berkurang.

Ahli gizi Amy Shapiro sekaligus pendiri Real Nutrition NYC, menyarankan kacang-kacangan dan energy bar yang terbuat dari bahan makanan utuh dan buah-buahan serta H2O tua yang baik. "Tetap terhidrasi sangat penting saat Anda bepergian dan berusia 50 tahun ke atas,” kata dia.

5. Bantal perjalanan

Berinvestasi dalam bantal perjalanan tiup atau penyangga leher bisa membantu perjalanan Anda lebih nyaman. "Jika ruangannya terbatas, cari bantal yang bisa digulung atau dilipat menjadi ukuran yang ringkas,” kata Crabbe.

6. Alas kaki alternatif

Dalam perjalanan, ingat apakah alas kaki akan digunakan untuk berjalan, mendaki, atau di permukaan air? Bawalah sepasang sepatu alternatif, bisa sepatu kets paling nyaman atau sandal untuk di sekitar kolam.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement