Selasa 24 Jan 2023 05:00 WIB

Lima Cara Selain Obat untuk Bantu Turunkan Kolesterol Tinggi

Selain obat, ada cara lain yang dapat ditempuh untuk membantu turunkan kolesterol.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Obat (ilustrasi). Ada cara selain obat untuk mengelola kolesterol tinggi.
Foto: www.maxpixel.com
Obat (ilustrasi). Ada cara selain obat untuk mengelola kolesterol tinggi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kolesterol merupakan zat berlemak seperti lilin dalam darah yang membantu memproduksi hormon dalam tubuh dan juga memperkuat membran sel. Kolesterol terdiri dari dua jenis, yaitu baik (HDL) dan jahat (LDL).

Jika kadar kolesterol jahat melebihi kolesterol baik, maka itu akan menimbulkan masalah bagi jantung dan kesehatan secara keseluruhan. Sementara itu, kolesterol tinggi adalah krisis kesehatan utama yang dapat meningkatkan risiko kondisi yang berpotensi fatal seperti serangan jantung dan strok.

Baca Juga

Kolesterol tinggi umumnya dipicu oleh asupan lemak jenuh dan lemak trans yang berlebihan, merokok, asupan minuman manis atau alkohol, bahkan faktor genetik. Namun selalu ada jalan keluar selain obat untuk mengatasi kolesterol tinggi.

Seperti dilansir Times Now News, Senin (23/1/2023) berikut lima hal sederhana yang dapat dilakukan untuk menangani kolesterol tinggi.

 

1. Beralih ke lemak sehat

Alih-alih mengisi perut dengan lemak jenuh dan lemak trans yang ditemukan dalam makanan olahan dan makanan kemasan, beralihlah ke bentuk lemak yang lebih sehat seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan ikan berlemak. Dalam jumlah yang tepat, makanan ini dapat menjadi kunci untuk mengelola kadar kolesterol dengan baik.

2. Berhenti merokok

Merokok juga dapat berdampak signifikan pada kadar kolesterol. Oleh karena itu, dokter akan menyarankan pasien hiperlipidemia untuk berhenti merokok dalam bentuk apa pun, bahkan vaping.

3. Hindari alkohol

Idealnya, seseorang harus berhenti minum alkohol untuk selamanya. Namun, bahkan memoderasi hingga maksimal satu kali minum dalam sehari dapat memberikan keajaiban bagi manajemen kolesterol dan kesehatan jantung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement