Jumat 20 Jan 2023 13:45 WIB

Umumkan Bangkrut, Bioskop Regal Tutup 39 Lokasi di Amerika

Sewa bulanan rata-rata per teater Regal CInemas naik 30 persen dari 2019 ke 2022.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Regal Cinemas, akan menutup 39 lokasi bioskop mulai bulan depan. (ilustrasi)
Foto: Wallpaper Flare
Regal Cinemas, akan menutup 39 lokasi bioskop mulai bulan depan. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anak perusahaan Cineworld, Regal Cinemas, akan menutup 39 lokasi bioskop mulai bulan depan. Lokasi ikonik Sherman Oaks Galleria adalah salah satu lokasi yang akan ditutup Regal Cinemas.

Menurut laporan, Regal Cinemas mulai menolak sewa untuk lokasi penutupan pada 15 Februari 2023. Dalam dokumen pengajuan kebangkrutan, biaya pascapandemi seperti kenaikan sewa yang dipicu oleh pembayaran yang ditangguhkan dari pandemi, terdaftar sebagai alasan utama penutupan.

Baca Juga

Sewa bulanan rata-rata per teater meningkat sebesar 30 persen dari 2019 hingga 2022. “Debitur melakukan analisis ekstensif terhadap portofolio sewa AS mereka sebagai bagian dari perumusan rencana bisnis. Tujuan analisis itu adalah mengidentifikasi lokasi teater yang tidak menguntungkan, berkinerja buruk, atau tidak diinginkan di Amerika Serikat,” tulis laporan kebangkrutan dilansir Collider, Jumat (20/1/2023).

Secara total, debitur memperkirakan keputusannya menolak sewa akan menghemat tanah milik mereka sekitar 22 juta dolar AS (sekitar Rp 332 miliar) per tahun. Pandemi Covid-19 berdampak cukup besar pada bisnis teater.

Saat ini, Cineworld memiliki utang 4,8 miliar dolar AS (sekitar Rp 72,6 triliun). Mereka mengalami kerugian 3 miliar dolar AS (sekitar Rp 45,3 triliun) pada 2020 karena bioskop di seluruh dunia tutup.

Box office telah meningkat selama setahun terakhir dengan total keuntungan domestik 7,38 miliar dolar AS (sekitar Rp 111,6 triliun), naik dari pendapatan kotor 4,4 miliar dolar AS (sekitar Rp 66,5 triliun) pada 2021. Beberapa film yang menyumbang pendapatan box office cukup besar di antaranya Spider-Man dari Marvel Studios: No Way Home, Shang-Chi and Legend of the Ten Rings, dan Venom Sony : Let There Be Carnage. Namun jumlah ini 4 miliar dolar AS (sekitar Rp 60,5 triliun) kurang dari pendapatan kotor 11,3 miliar dolar AS (sekitar Rp 170,9 triliun) di Amerika Utara pada 2019.

Daftar lengkap bioskop tutup mencakup tujuh multipleks di California dan enam di New York. Lokasi lainnya termasuk multipleks di Anaheim, Portland, Cleveland, dan Las Vegas, serta lebih banyak lagi yang telah ditutup pada musim gugur lalu setelah pengumuman kebangkrutan dari Cineworld. Namun, lokasi The Sherman Oaks Galleria adalah satu-satunya yang tutup di Los Angeles County, sementara Regal masih beroperasi di bioskop LA Live di pusat kota, Hollywood Utara, Simi Valley, dan Palos Verdes. Regal mengoperasikan sekitar 500 bioskop di seluruh Amerika.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement