Rabu 17 Jan 2024 14:42 WIB

Hanya Tiga Trilogi ini yang Hasilkan 1 Miliar Dolar AS di Setiap Film

Tidak banyak film yang berhasil menembus 1 miliar dolar AS pada setiap filmnya.

Rep: Santi Sopia/ Red: Friska Yolandha
Poster film Avengers: Endgame. Film ini adalah salah satu
Foto: Dok Marvel Studios
Poster film Avengers: Endgame. Film ini adalah salah satu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mencapai raihan 1 miliar dolar AS kerap menjadi harapan besar bagi pembuat film-film box office, tetapi pencapaian itu terbilang sulit. Meski demikian, ada tiga trilogi dan waralaba yang meraih angka tersebut di setiap filmnya. 

Menembus daftar film yang berhasil melewati ambang batas tersebut bukanlah hal mudah karena hanya 53 film yang pernah melakukannya. Menghasilkan pendapatan senilai 1 miliar dolar AS diperlukan strategi sukses yang sangat tepat. 

Baca Juga

Pemenang box office teratas biasanya merupakan film yang ramah keluarga, karena hanya satu film dengan rating R, Joker, yang pernah melampaui 1 miliar dolar AS di box office. Hal yang lebih sulit untuk dicapai adalah menciptakan fenomena budaya seputar perilisan film. 

Hanya ada tiga trilogi ini yang berhasil mencapai angka 1 miliar dolar AS di setiap penayangan film-nya, seperti dilansir dari Screen Rant, Rabu (17/1/2024).

1. Avengers (7,7 miliar dolar AS)

Film-film The Avengers berdiri sendiri, karena menjadi franchise dengan pendapatan tertinggi dan kesuksesan itu sebagian besar merupakan hasil upaya independen tanpa nostalgia untuk meningkatkan pendapatan. Selama pembuatannya, franchise Avengers menjadi salah satu film yang paling ditunggu-tunggu, sehingga memicu kesuksesan box office-nya.

Berbeda dengan film lain, franchise Avengers meningkatkan kinerja box office-nya dari waktu ke waktu. The Avengers memulai dominasi franchise tersebut di box office pada tahun 2012 dengan pendapatan lebih dari 1,5 miliar dolar AS. 

Film terbaru dari franchise ini, Avengers: Endgame, melewati pendahulunya dengan hampir 2,8 miliar dolar AS di box office. Keuntungan utama serial ini adalah memiliki keseluruhan franchise film sukses yang berencana menggunakan Endgame sebagai klimaksnya sejak awal. Film ini memanfaatkan kesuksesan independen dari film-film tersebut dengan baik, karena Avengers: Endgame memiliki karakter terbanyak. 

Star Wars... 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement