Selasa 17 Jan 2023 16:05 WIB

Apa Betul Perut Anak Bakal 'Kebal' Setelah Berkali-kali Jajan Sembarangan?

Konon, perut orang Indonesia kuat meski terpapar makanan kotor atau tercemar.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Reiny Dwinanda
Pelajar melihat contoh jajanan tidak sehat saat roadshow Mobil Pangan dan Gizi Hero (MOGI Hero) di SDN Cipinang Muara 05 Pagi, Jakarta Timur, Kamis (17/3/2022). Jajanan anak sekolah banyak yang minim nilai gizi dan ada pula yang mengandung bahan berbahaya, seperti chiki ngebul.
Foto:

Di tengah minimnya jajanan sehat di lingkungan sekolah, dr Muzal menyerukan agar orang tua membawakan bekal makanan sehat untuk kecukupan nutrisi harian buah hatinya. Tentunya bekalnya harus disiapkan dengan memperhatikan asupan karbohidrat, protein, lemak, dan serat yang seimbang.

"Kalau bisa ada buahnya, ada susunya," ujarnya.

Dr Muzal juga menyampaikan sejumlah ciri-ciri jajanan anak yang harus diwaspadai. Salah satunya adalah makanan yang memiliki warna cemerlang.

"Kita lihat, kalau makanan warnanya menggiurkan, warnanya cemerlang sekali itu hati-hati ya. Zat pewarna makanan yang aman itu biasanya warnanya tidak terlalu cerah," kata dr Muzal.

Oleh karena itu, dr Muzal meminta para orang tua waspada jika anaknya memakan jajanan yang memiliki warna terlalu terang. Sebab, ada kemungkinan jajanan itu mengandung Rhodamin B atau zat pewarna, yang biasanya digunakan untuk kertas dan tekstil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement