Senin 16 Jan 2023 19:15 WIB

Jangan Simpan Telur di dalam Kulkas, Ini Risikonya Menurut Chef

Chef menganjurkan untuk tidak menyimpan telur di dalam kulkas.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Telur (ilustrasi). Telur ayam maupun bebek sebaiknya tidak disimpan di kulkas.
Foto: Pixabay
Telur (ilustrasi). Telur ayam maupun bebek sebaiknya tidak disimpan di kulkas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Cara menyimpan telur masih menjadi topik yang kontroversial di banyak keluarga. Ada yang berpendapat lebih baik disimpan di kulkas, sementara yang lainnya menyebut suhu ruang lebih baik bagi telur.

Meskipun keduanya tidak akan membuat telur busuk lebih cepat, celebrity chef James Martin mengaku tidak pernah meletakkan telur di kulkas. Apa alasannya?

Baca Juga

"Tekstur berpori dari setiap telur adalah alasan untuk menyimpannya pada suhu kamar," ujar Martin, dilansir laman Express, Senin (16/1/2023).

Setelah memanggang dua kue Victoria Sponge dengan berbagai jenis telur dalam sebuah acara, Martin menyelidiki perbedaan antara telur ayam dan telur bebek. Dia mengatakan bahwa kualitas telur adalah kunci untuk membuat kue enak.

Martin juga menegaskan bahwa tempat menyimpan telur juga dapat memengaruhi rasanya dalam hidangan lain. Entah itu telur ayam atau bebek, "semua telur ringkih" dan karena itu tidak baik menyimpannya di dalam kulkas.

Martin mencatat bahwa tekstur cangkang telur dapat menyerap semua rasa dari kulkas. Akhirnya, itu bisa memberikan rasa dari bahan lain tanpa tanda apa pun.

Meskipun terdengar tidak enak memiliki telur "beraroma", Martin mengatakan bahwa tekstur yang berpori dapat digunakan untuk keuntungan lain.

"Jika kita memiliki truffle, misalnya di restoran kami memasukkannya ke dalam mangkuk dengan nasi dan meletakkan telur di atasnya dan membungkusnya dan membiarkannya semalaman," paparnya.

"Saat kita memecahkan telur itu di pagi hari untuk sarapan bagi pelanggan, maka pelanggan akan mendapat telur orak-arik truffle tetapi tidak ada truffle di dalamnya. Rasa truffle telah menembus telur dan masuk ke dalam telur," kata Martin.

Bukan hanya bau atau rasa makanan lain yang bisa meresap ke dalam kulit telu. Menurut seorang ahli dari British Lion Eggs, bakteri dan bau tidak sedap juga bisa keluar melalui pori-pori kecil tersebut.

Mereka menyarankan untuk menyimpan telur di dalam kotaknya jika memilih untuk menyimpannya di kulkas untuk menghentikan perpindahan bakteri dan bau melalui kulit telur. Para ahli mencatat bahwa untuk kualitas dan keamanan optimal, telur harus disimpan pada suhu tetap di bawah 20 derajat Celsius.

Untuk mencapai hal ini, jangan terlalu sering memindahkan telur antara suhu yang sangat dingin dan sangat hangat, seperti dari mobil yang panas ke kulkas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement