Rabu 11 Jan 2023 19:00 WIB

Solusi Bagi yang Kian Terganggu dengan Jerawat Aktif

Jerawat aktif bisa tumbuh dan menyebar ke seluruh bagian wajah.

Jerawat (ilustrasi). Jerawat aktif bisa sangat mengganggu dan mengakibatkan peradangan pada kulit wajah.
Foto: www.freepik.com
Jerawat (ilustrasi). Jerawat aktif bisa sangat mengganggu dan mengakibatkan peradangan pada kulit wajah.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Wajah berjerawat memang tak mudah penanganannya. Jerawat aktif bisa diatasi salah satunya dengan mengoleskan krim pada wajah atau pemberian suntikan steroid.

"Tindakan pemberian suntikan steroid jika jerawat aktif sudah sangat berat dan mengganggu," kata dokter spesialis kulit, kelamin, dan estetika RS Sari Asih Karawaci Kota Tangerang, Yoga Hadi Nugroho di Tangerang, Rabu (11/1/2023).

Baca Juga

Selanjutnya, bekas jerawat bisa diterapi dengan micro needling yang ditambahkan dengan growth factor. Dr Yoga menuturkan jerawat aktif bisa tumbuh dan menyebar ke seluruh bagian wajah.

Jerawat aktif bisa sangat mengganggu dan mengakibatkan peradangan pada kulit wajah. Ujungnya, jerawat akan menimbulkan bekas yang mencolok.

photo
Berjerawat akibat pakai masker. - (Republika)

Masalah kulit lainnya yang kerap ada adalah keloid, yakni bekas luka yang tebal yang diakibatkan oleh suatu penyakit, kecelakaan, atau kelainan tertentu yang dialami seseorang. Keloid merupakan proses alami dari tubuh saat kulit melakukan perbaikan akibat luka yang lebar.

Hanya saja, proses perbaikan kulit pada keloid tidaklah normal, sehingga dapat menyebabkan kulit tumbuh pada batas normal dan menjadi melebar. Dr Yoga menyebut keloid bisa diatasi dengan terapi melalui injeksi steroid.

"Jika bekas luka sudah rata, bisa dilanjutkan dengan proses bedah eksisi (pengangkatan) pada kulit tersebut," ujar dr Yoga.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement