Ahad 01 Jan 2023 14:50 WIB

Kulit Berminyak Masih Butuh Pelembap, Produk Seperti Apa yang tak Bikin Jerawatan?

Agar tak timbul masalah, sesuaikan pelembap dengan jenis kulit.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Seorang perempuan mencermati aneka produk perawatan wajah. Pemilik wajah berminyak juga masih membutuhkan pelembap.
Foto: Prayogi/Republika
Seorang perempuan mencermati aneka produk perawatan wajah. Pemilik wajah berminyak juga masih membutuhkan pelembap.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tak hanya kulit kering, kulit berminyak juga wajib dijaga kelembapannya. Lalu, bagaimana cara memilih produk pelembap yang cocok untuk kulit berminyak?

Penata rias dari Anie Crea Make Up Artist, Anie, mengatakan kulit berminyak sangat perlu menggunakan pelembap. Hal ini penting karena kulit yang berminyak pada dasarnya juga memiliki permukaan yang kering.

Baca Juga

Menurut Anie, penggunaan pelembap bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit. Dengan begitu, kulit tetap elastis, tidak mudah berkerut.

"Pelembabp itu diibaratkan seperti lemnya kosmetik. Jadi semakin lembap kulit wajah kita, maka akan semakin menempel kosmetik yang dipakai," jelas Anie kepada Republika.co.id, Ahad (1/1/2023).

Anie mengatakan pelembap yang cocok untuk kulit berminyak adalah pelembab dengan tekstur gel. Pelembap jenis ini sekarang banyak dijual dipasaran, terutama pelembap dengan bahan dasar beras Jepang.

"Ini cocok sekali untuk kulit berminyak, aplikasikan setelah wajah dibersihkan dan ditepuk-tepuk pakai tangan lalu tunggu meresap sambil dikipas lembut," ujar Anie.

Lalu bagaimana caranya agar pelembap bisa meresap dengan baik pada kulit berminyak? Menurut Anie, sebelum memakai pelembap, sebaiknya kulit dikompres dengan batu es lalu dikeringkan dengan tisu. Setelah itu, baru aplikasikan pelembap.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement