Jumat 06 Jan 2023 04:05 WIB

Radang Sendi Mengusik Usia 40-an, Kenali Empat Gejalanya

Periksakan ke dokter jika gejala radang sendi bertahan tiga hari atau lebih.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Seorang pria memegang lututnya (ilustrasi). Mengalami nyeri adalah salah satu tanda arthritis klasik.
Foto: www.freepik.com.
Seorang pria memegang lututnya (ilustrasi). Mengalami nyeri adalah salah satu tanda arthritis klasik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Arthritis alias radang sendi bisa berkembang pada berbagai kelompok usia, namun masalah persendian lebih mungkin terjadi setelah seseorang mencapai usia 40-an. Tidak hanya itu, orang yang memiliki riwayat keluarga juga berisiko lebih tinggi menderita radang sendi.

Badan amal Arthritis Foundation mengungkap ada empat tanda peringatan umum dari kondisi tersebut. Mengalami nyeri adalah salah satu tanda arthritis klasik, di mana sensasi tidak nyaman bisa datang dan pergi, kapan saja.

Baca Juga

"Nyeri mungkin terasa di satu bagian tubuh atau di banyak bagian berbeda," kata Arthritis Foundation, seperti dilansir laman Express, Kamis (5/1/2023).

Jika merasakan rasa sakit saat bangun tidur atau setelah duduk di kursi atau setelah berkendara di mobil untuk waktu yang lama, Anda mungkin menderita radang sendi. Kekakuan di pagi hari yang berlangsung lebih dari satu jam juga bisa menjadi tanda radang sendi.

 

Indikasi lain dari radang sendi adalah kulit merah dan bengkak di atas persendian. Kulit pun mungkin terasa hangat saat disentuh.

"Pembengkakan yang berlangsung selama tiga hari atau lebih atau terjadi lebih dari tiga kali sebulan harus segera diperiksakan ke dokter," kata badan amal tersebut.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement