Rabu 04 Jan 2023 09:28 WIB

4 Hal yang Sebaiknya Dilakukan Ketika Pasangan Ketahuan Selingkuh

Membuat keputusan cerai atau tidak setelah diselingkuhi bukan hal mudah.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Pasangan suami istri (ilustrasi). Pernikahan adalah sebuah cara untuk menyatukan kedua individu yang berbeda dari berbagai aspeknya. Ada banyak faktor yang bisa mendasari terjadinya perselingkuhan.
Foto:

Beri waktu

Orang lain mungkin bisa dengan mudah menganjurkan korban perselingkuhan untuk bercerai. Padahal, membuat keputusan untuk bercerai atau tetap melanjutkan pernikahan setelah pasangan berselingkuh bukanlah hal yang mudah.

"Ini butuh waktu, tidak bisa cepat-cepat," kata Novy.

Bila memutuskan rujuk

Pasangan yang memutuskan untuk rujuk setelah menghadapi masalah perselingkuhan perlu melakukan beberapa hal. Salah satu yang perlu dilakukan adalah menyelesaikan terlebih dahulu rasa sakit atau kecewa yang muncul karena perselingkuhan.

"Untuk pasangan yang memutuskan untuk memperbaiki hubungan, selesaikan terlebih dahulu rasa sakit atau kecewa karena perselingkuhan," ujar psikolog klinis Nadya Pramesrani, kepada Republika.co.id.

Nadya menyebut, kasus perselingkuhan kerap berkaitan dengan rasa ketidakpuasan, baik itu ketidakpuasan pada hubungan, diri sendiri, maupun pasangan. Pasangan yang memutuskan rujuk setelah diterpa masalah perselingkuhan juga perlu mengoreksi situasi ketidakpuasan yang terjadi sebelumnya.

Hal lain yang bisa mereka lakukan adalah mempersiapkan fondasi hubungan baru yang lebih kuat. Semua proses ini, lanjut Nadya, tidak bisa diburu-buru agar tak ada sisa-sisa konflik yang menjadi masalah tak terselesaikan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement